15 personil Wara Jalani Standarisasi Pramugari TNI AU.

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Sebanyak 15 Wanita Bintara TNI Angkatan Udara (Wara) dari beberapa satuan TNI AU, memulai standarisasi pramugari TNI AU di Ruang Rekreasi Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa kemarin (04/04/2017).

Acara ditandai dengan upacara pembukaan dengan inspektur upacara (Itupun) Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta  Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T.  Standarisasi merupakan kelanjutan latihan pramugari di salah satu maskapai penerbangan nasional sebelumnya.

Dalam sambutannya, Komandan Wing 1 menyampaikan, Saya merasa bangga dilaksanakannya kembali Latihan Standarisasi bagi Pramugari TNI AU tahun 2017.  Hal ini berarti regenerasi pramugari pesawat angkut VVIP/VIP TNI AU, dapat dilaksanakan secara terencana dan terprogram serta berkesinambungan.

“Latihan akan dilaksanakan selama beberapa puluh jam pelajaran ke depan. Terdapat dua metode latihan, latihan Bina Kelas dan Bina Terbang. Latihan Bina Kelas merupakan kegiatan pembelajaran kelas, untuk mengenalkan pengetahuan dan keterampilan tugas dan etika di pesawat terbang VVIP/VIP TNI AU,” ujar Danwing 1 Lanud Halim.

Ditambahkan, Latihan Bina Terbang merupakan praktek mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama Bina Kelas saat pesawat mengudara. Dengan demikian diharapkan kalian tidak saja mengetahui ilmunya, tapi juga praktek, agar tugas sebagai pramugari militer berupa membantu menjamin kenyamanan maupun keamanan bagi penumpang VVIP/VIP dapat diwujudkan.

Danwing 1 menyebutkan, “Melalui Latihan Standarisasi ini,  diharapkan dapat diintegrasikan budaya “operational crew” guna mewujudkan awak pesawat yang terampil, solid dan siap siaga melaksanakan berbagai penugasan dengan profesional. Selain itu, melalui latihan ini wahana membangun kerja sama yang efektif di antara para crew dan elemen-elemen pendukungnya dapat dirintis secara baik agar “zero accident” dapat direalisasikan di tubuh TNI AU. (ery ns)