Hari Ini, Pengukuhan Kapal Tempur R.E. Martadinata Oleh Menteri Pertahanan RI.

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Hari ini telah dilaksanakan pengukuhan KRI Raden Eddy Martadinata-331Dermaga Pondok Dayung TNI AL  Jakarta Utara, Jum’at (07/04/2017).

Acara pengukuhan langsung dipimpin oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Ade Supandi, SE.,MAP.

Dalam sambutannya Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu mengatakan kepada Komandan KRI RE Martadinata untuk selalu pahami pengoperasian kapal tempur tersebut, lakukan pelatihan yang berlanjut guna peningkatan profesionalisme dalam bertugas.

“Tugas dilaksanakan dengan baik dan benar demi keamanan wilayah laut Indonesia dan keamanan serta kenyamanan setiap kapal yang melalui perairan NKRI,”lanjut Ryamizard Ryacudu.

“Jangan lupakan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam melaksanakan tugas,”pungkasnya.

       KRI ini adalah merupakan kapal pertama proyek kapal Sigma 10514 PKR (Perusak Kawal Rudal). Kapal tempur ini dikomadani oleh Kolonel Laut (P) Agam Endrasmono memiliki panjang 105,01 meter, lebar 14,02 meter, draft termasuk sonar 4,23meter, full load 5,72 meter dan dengan bobot 2.946 ton.

Nama Raden Eddy Martadinata pertama kali diabadikan pada tahun 1974 sebagai nama KRI Fregat kelas Samadikun dengan nama KRI Martadinata-342 yang sebelumnya adalah kapal eks AL Amerika Serikat dari jenis Detroyer Escort (DE) yang diserahterimakan pada 31 Januari 1974.

      Dari pantauan kanalindonesia.com, hadir dalam acara tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Menteri Keuangan, Komisi 1 Anggota DPR RI, perwakilan Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat serta keluarga besar dari almahum Raden Eddy Martadinata. Acara berlangsung dengan lancar, aman dan tertib.( ery ns)