Prajurit Yonif-9 Marinir Gelar Bindesir Di Pulau Tegal.

KANALINDONESIA.COM, LAMPUNG : Prajurit Batalyon Infanteri-9 Marinir (Yonif-9 Mar) melaksanakan program Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) di pulau Tegal, Desa Gebang, Kecamatan Teluk pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis kemarin (06/04/2017).

Pulau Tegal yang mempunyai luas 200 hektar ini merupakan sebuah pulau yang masuk ke dalam wilayah Desa Gebang, dengan penduduk 32 KK serta berpenghasilan rata-rata bekerja sebagai nelayan.

Sementara itu, kondisi pulau Tegal yang dapat ditempuh dari pantai Ringgung menggunakan kapal nelayan dengan waktu 10 menit, belum terdapat sekolahan umum tetapi hanya ada sekolah sukarela. Dengan sekolahan sukarela tersebut warga pulau Tegal yang tidak dapat membaca dan menulis bisa belajar dan tidak dipungut biaya sedikitpun.    

Adapun tenaga pengajar berjumlah 7 orang yang dikepalai oleh Ibu Dra. Umairoh yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP 25 Pesawaran, dengan sukarela secara bergantian datang ke pulau tersebut untuk mengajar. Satu hal yang menarik dimana salah satu tenaga pengajar adalah anggota Jalasenastri sdri. Siti Fatekah yang merupakan isteri dari Kopda Mar Adi Marwanto anggota Yonif-9 Marinir.  

Adapun kegiatan prajurit Yonif-9 Marinir berjumlah 45 orang dibawah pimpinan Kapten Marinir Rizaldi yang sehari-hari menjabat sebagai Pasipers adalah melaksanakan pembersihan pesisir pantai pulau Tegal serta penyiapan lahan untuk membangun gedung taman baca yang rencananya dibangun secara sukarela.

Dengan dibangunnya taman baca tersebut diharapkan dapat menambah minat belajar warga pulau Tegal untuk membuka wawasan sehingga masyarakat pulau Tegal dapat lebih maju, disamping itu juga tercapai tujuan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir Letkol Marinir Budi Santosa, S.E., M.Tr (han)., M.Tr. hanla., sangat mendukung kegiatan pembinaan desa pesisir tersebut.

“Kegiatan Bindesir ini adalah program dari Satuan atas, bertujuan untuk memajukan masyarakat desa pesisir yang dapat mendukung pemerintah guna mencapai poros maritim dunia,” ungkap Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir tersebut.

Masyarakat pulau Tegal sendiri sangat antusias menyambut kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut(ery ns)