Peringatan HUT TNI AU Ke-71 Tahun 2017, Hiasi Langit Jakarta.

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : “HUT Ke-71 TNI AU 132 berparade membelah langit di kawasan Halim Perdanakusuma. Demo di udara dan di darat dalam perayaan kali ini bisa disaksikan langsung oleh masyarakat, sekaligus memberi informasi pada masyarakat, karena pembelian semua alutsisita itu berasal dari rakyat,”terang Kadispenau Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya saat perayaan HUT Ke-71 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Minggu (09/04/2017).

TNI AU ingin menampilkan yang bisa disaksikan  langsung semua rakyat, karena mungkin yang biasanya hanya dapat di lihat dalam film atau televisi.

“Yang berbeda adalah penampilan demo darat dan udara, sangat menarik. Karena masyarakat biasa menonton dari televisi atau film, dan tidak tahu tugas TNI AU itu apa sebenarya. Nah ini yang akan kita sosialisasikan,” tandasnya.

“TNI AU akan mempertontonkan demo di udara maupun di darat. Inilah tugas-tugas TNI AU. Demo yang diperlihatkan itu, pembebasan sandera lalu operasi perebutan pangkalan udara oleh Paskhas, kemudian ada pertempuran Dog Fight (duel pesawat udara-red) yang biasanya hanya bisa dilihat di film saja,”pungkasnya.

Menurutnya, duel pesawat tempur ini biasanya dilakukan di ketinggian di atas 10 ribu meter, karena ini demo Dog Fight tersebut bisa disaksikan dengan mata telanjang atau diketinggian kurang dari empat ribu meter.

“Kami juga akan menampilkan tim Jupiter Aerobatik, dimana kemarin mendapat apresiasi di Malaysia dan pemerintah Korea Selatan. Lalu ada formasi 71, dimana melambangkan Hari Ulang Tahun TNI AU serta simulasi penembakan dari udara ke darat. Inilah tugas TNI AU yang tidak diketahui masyarakat”, pungkasnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com di lokasi, demo yang ditampilkan personil TNI AU saat perayaan pagi hari ini berjalan mulus, tak ada sedikit pun insident, baik saat latihan maupun saat dipertontonkan ke masyarakat.

Karena itu, Jemi bangga pada 4500 personil yang terlibat dalam perayaan tersebut. Ia berharap kedepannya TNI AU, terus mampu membuat zero accident baik saat operasi maupun saat bertugas rutin.

Di kesempatan yang sama, dalam paparannya Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.IP., mengingatkan terus kepada para penerbang (pilot-red) dan teknisi agar bertugas dengan ikhlas dan tulus, serta ada keberanian untuk menyampaikan jika pesawat layak atau tidak layak untuk terbang, juga pilot harus berani mengatakan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat atau tidak.

“Nah tradisi kolot ini masih dipegang, tetapi sudah mulai di bangun bahwa komunikasi ini tetap penting untuk mengurangi resiko bahkan zero accident,” ujar orang nomor satu di TNI Angkatan Udara tersebut.

“Kuasailah Udara untuk laksanakan kehendak Nasional, karena kekuatan Nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern, demi keamanan wilayah udara NKRI,”pungkasnya yang dipetik dari pidato Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Puncak acara HUT TNI AU hari ini diisi dengan berbagai kegiatan yakni defile pasukan, demo penerbangan di udara dan demo pasukan di darat yang melibatkan beberapa unsur kekuatan TNI AU, seperti pesawat latih, pesawat helikopter, pesawat angkut dan pesawat tempur serta Paskhas TNI Angkatan Udara.

Hadir dalam acara ini Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, para pejabat TNI/Polri, para mantan Kasau dan Purnawirawan TNI AU serta para tamu undangan dari berbagai negara sahabat.

Acara berjalan dengan meriah, masyarakat DKI Jakarta bersuka cita dan antusias menikmati segala suguhan dari perayaan HUT ke-71 TNI AU, serta berlangsung tertib dan lancar. (ery ns)