Janjikan Jadi PNS, Seorang Warga Diwek, Tipu Korbannya Hingga Puluhan Juta

 

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Norman Wahyu Hidayat saat ditemui dikantornya

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : SB (54) warga asal Diwek, Jombang, harus diamankan Satuan Reskrim Polres Jombang, setelah melakukan aksi tipu-tipu dengan menjanjikan korbannya untuk dijadikan Pegawai Negeri Sipil (PNS), di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jombang. SB meminta sejumlah uang pada korbannya hingga puluhan juta.

AKP Norman Wahyu Hidayat, selaku Kasat Reskrim Polres Jombang, membenarkan atas adanya penangkapan pada tersangka SB, yang malakukan aksi tipu-tipu, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” memang benar pada Senin tanggal 10 April 2017, sekitar pukul 10.00 WIB, tim Resmob Satreskrim Polres Jombang berhasil ungkap  perkara penipuan pendaftaran CPNS,” ujarnya.(11/04/2017)

Saat disinggung bagaimana modus operandi yang dilakukan tersangka SB dalam menjalankan aksinya, Kasat Reskrim menuturkan,” modus operandi yang dilakukan pelaku yakni, tersangka SB melakukan penipuan dengan cara meminta uang kepada korban-korbannya dengan total Rp. 72.500.000.- . Tersangka SB menjanjikan kepada korban untuk dijadikan PNS di wilayah Pemkab,” tegasnya.

Lanjut Kasat Reskrim,” dari 2 laporan korban yang dirugikan, oleh aksi tersangka SB, petugas menyita 5 lembar kwitansi yang ditanda tangani oleh tersangka. Tersangka SB kita amankan di rumahnya di Diwek, tanpa perlawanan,” pungkasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka kini diamankan di ruang tahanan Polres Jombang, untuk kepentingan lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP, dengan ancaman pidana kurungan paling lama 4 tahun.(elo)