Kodim 0503/Jakarta Barat Wakili Kodam Jaya Lomba Binsat Tingkat Madya Se-Indonesia

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Sistem administrasi pertanggung-jawaban dana di Kodim 0503/Jakarta Barat(JB) dinilai tim penilai lomba Pembinaan Satuan (Binsat) teritorial Kodim tingkat Madya Angkatan Darat 2017, Rabu (12/04/2017).

“Ini lomba bergengsi di angkatan darat. Kodim yang juara pertama, pimpinannya akan mendapat promosi jabatan Letnan Kolonel mantap 2 atau pendidikan,” kata Ketua Tim Penilai Lomba Binsat tingkat Madya, Kolonel Inf Rochadi siang tadi.

Rochadi mengatakan, yang dinilai adalah kemampuan Komandan Kodim (Dandim), dalam mengelola hubungan dengan aparat dan pejabat lain, mengamankan wilayahnya, dan melakukan administrasi keuangan yang baik.

Di Kodim 0503/JB, Rochadi melihat Dandim mampu berkoordinasi dengan baik kepada pejabat diwilayahnya, baik Walikota, Kajari, dan Kapolres.

“Tadi saya ke Kajari, karena hubungan yang baik itu saat ini Kajari Jakarta Barat sedang proses menghibahkan satu unit mobil Nissan X Trail tahun 2009, dan Dua sepeda motor untuk operasional Kodim 0503/JB, dan itu sah. Itu kan hibah dari barang sitaan negara yang kasusnya sudah putus di pengadilan,” ucap Kolonel Inf Rochadi.

Lebih lanjut, kata Rochadi, pihaknya menilai juga kegiatan-kegiatan di wilayah Kodim Jakarta Barat, kondisi markas yang rapih dan bersih, serta administrasinya.

“Penilaian administrasi amat penting dalam lomba ini,”pungkasnya.

Sebab penilaian administrasi dilakukan untuk mengukur segala kegiatan yang dilaksanakan Dandim dengan laporan pertanggung-jawabannya.

“Jadi begini, misalnya Dandim buat suatu kegiatan atau program, tapi dananya didapat dari hibah. Nah, itu harus jelas pertanggungjawaban dananya. Jangan sampai jadi bermasalah karena tak jelas pertanggung-jawabannya,”kata Rochadi.

Rochadi mengatakan, banyak Dandim amat baik membuat program dan kegiatan, tapi buruk di pelaporan administrasi, padahal itu adalah amat penting.

Penilaian lomba Binsat sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu mulai dari tingkat Kodam. Kodim 0503/JB menjadi pemenang di tingkat Kodam Jaya dan dikirim untuk ikut seleksi penilaian di tingkat pusat atau Mabes AD.

Seleksi tingkat pusat dimulai tahun 2017, dan ada 2 tahapan. Total pesertanya ada 13 Kodam yang mengirimkan masing-masing Kodam sebanyak 2 peserta yaitu tingkat Utama dan Madya. Totalnya ada 26 Kodim yang berpartisipasi. Saat ini adalah penilaian tahap pertama oleh pejabat berpangkat Kolonel.

“Seleksi pertama ini akan menciutkan menjadi 6 peserta saja,” ucap Rochadi.

Baru kemudian di seleksi tahap 2 tingkat pusat, akan dipilih pemenangnya.

“Nanti seleksi tahap 2 penilainya adalah Jenderal bintang dua, salah satunya Komandan Pusterad Mabes AD,” tutupnya. (ery ns)