IAD Peduli, Serahkan Bantuan Korban Longsor Ponorogo

ketua IAD Jatim Agustina Hutagalung secara simbolis menyerahkan bantuan kepada kepala BPBD Pononorogo Sumani

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Bencana alam tanah longsor di Ponorogo yang menelan puluhan korban jiwa dan ratusan warga harus hidup di tempat pengungsian, telah mengetuk hati anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) untuk turut membantu meringankan beban dengan menyalurkan bantuan yang diserahkan secara simbolis di kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah(BPBD) Ponorogo, Rabu(12/04/2017) petang.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh ketua IAD wilayah Jawa Timur, Agustina Hutagalung yang didampingi oleh pengurus IAD pusat, IAD wilayah Jatim dan IAD  Ponorogo ini diterima langsung oleh kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Sumani.

“Ini spontanitas hati kita tergerak, kita langsung berangkat dan tidak direncanakan, dan tiba di Ponorogo ini dengan masih memakai seragam,”ucap ketua IAD wilayah Jawa Timur Agustina Hutagalung kepada kanalindonesia.com, saat berada di kantor BPBD Ponorogo.

Ditambahkanya, selain menyerahkan bantuan berupa sejumlah uang dan mie instan, pengurus Ikatan Adyaksa Dharmakarini(IAD) seluruh Indonesia juga memberikan suport serta doa kepada para pengungsi.

“Kami harapkan dengan kita memberi walau ini sedikit, tapi itu berarti untuk saudara kita di penampungan, selain yang paling utama adalah doa,”terang Agustina Hutagalung.

Sementara itu kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Ponorogo Sumani mengatakan, jika bantuan ini akan dimasukan ke rekening daerah dan akan disalurkan ke korban. Berbeda dengan bantuan yang berasal dari BNPB dll yang penggunaanya untuk operasional penanganan.

“Ya kalau ini bantuan untuk korban, ya kita salurkan ke korban masuk ke rekening daerah yang sudah ada itu. Kalau sudah masuk rekening daerah ya nanti akan kita salurkan ke korban, kita hanya mengkoordinir saja,”kata Sumani.

Diketahui jumlah pengungsi di Desa Banaran, Pulung Ponorogo, saat ini terdapat 328 jiwa yang tersebar di sejumlah titik.(AD)