TNI, Polri Dan Pemprov DKI Siap Amankan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Menjelang Pilkada DKI putaran kedua 19 April 2017, pada hari ini Pangdam Jaya/ Jayakarta Mayjen TNI Jaswandi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhamad Irawan, Plt Gubernur DKI Jakarta DR. Soni Sumarsono memberikan statemen dalam jumpa pers di Aula Sudirman Makodam Jaya/Jayakarta Cililitan Jakarta Timur, Kamis (13/04/2017).

TNI siap membantu Polri dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta putaran kedua tanggal 19 April 2017 sebagaimana diatur didalam UU No 34/2004  tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan khususnya pasal 7 yakni tugas perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Sejak awal TNI siap membantu Polri dengan kekuatan penuh dalam pengamanan Pilkada DKI Jakarta di putaran kedua nanti,”ucap Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi.

Selain pengamanan di TPS, kekuatan TNI juga akan digelar di tempat-tempat strategis diantaranya Istana Negara, sentra ekonomi dan wilayah rawan lainnya.

“Jangan ada yang mencoba untuk mengganggu keamanan Jakarta karena saya siap mempertaruhkan segalanya demi keamanan ibukota,”tegasnya.

Sementara Kapolda Metro Jaya mengatakan jangan takut untuk datang ke TPS, jangan takut diintimidasi pakai hak suara kalian, karena kami sudah siapkan personil bersama jajaran Tiga Pilar di lokasi TPS.

“Kami menempatkan sekitar 34.000 personil polisi dari semua wilayah untuk amankan pesta demokrasi nanti, dan bila ada yang membuat masalah kamtibmas saat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua nanti akan berhadapan dengan Hukum yang berlaku dan kita tangkap provokatornya,”terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Irawan.

Plt Gubernur DKI Jakarta DR. Soni Sumarsono saat kanalindonesia.com jumpai mengatakan akan mengamankan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua nanti dengan mengerahkan sekitar 10.000 personil Satpol PP.

“Pemerintah DKI akan membantu amankan acara Pilkada DKI putaran kedua nanti dengan mengerahkan sekitar 10.000 personil Satpol PP diarahkan ke setiap TPS bersama jajaran Tiga Pilar. Kita berharap Pilkada dapat berjalan dengan transparan, aman dan lancar,”pungkasnya.

Sementara dalam jumpa pers pagi ini juga hadir Kajati DKI Jakarta Tony Spontana dan para Petinggi dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL. (ery ns)