Dalam Satu Bulan Satlantas Polres Jombang Terapkan e-Tilang, Pelanggar Lalu Lintas Lebih Pilih e-Tilang

razia lalu lintas yang dilakukan petugas Satlantas Polres Jombang di jalan Hayam Wuruk Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Pelanggar lalulintas yang terjaring razia yang digelar Satuan Lalulintas Polres Jombang, mengaku lebih memilih tilang online, dari pada tilang manual, pasalnya sebagian pelanggar menganggap bahwa proses e-Tilang lebih mudah serta prosesnya lebih cepat daripada harus mengikuti sidang di Pengadilan.

Salah satu pelanggar lalulintas yakni Mardi (28) warga Jogoroto, Jombang saat ditemui kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” lebih enak e-Tilang mas, dari pada tilang manual, karena prosesnya singkat, ketika kita kena tilang langsung saja saya bayar denda di Bank BRI atau ke Ajungan Tunai Mandiri (ATM), dan akan dikasih slip oleh petugas bank untuk ditunjuk kan kepada polisi untuk langsung ambil Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang disita proses selesai,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Umar (39) Warga Kecamatan Jombang, saat dikonfirmasi pihaknya mengatakan, bahwa petugas akan memberikan slip biru yang diatasnya terdapat nomor briva yang digunakan untuk membayar denda, meski dirinya sempat khawatir dengan jumlah denda yang dikenakan saat memilih e-Tilang, terkait pelanggaran tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), hal ini menyusul adanyaa informasi dendanya mencapai Rp 1 Juta Rupiah, dan ternyata hal itu tidak benar.

”Ternyata setelah membayar di Bank dendanya Rp. 75 Ribu dan prosesnya cepat tidak perlu menunggu waktu Seminggu untuk sidang di pengadilan,” tandasnya.

AKP Inggal Widya Perdana selaku Kepala Satlantas Polres Jombang, pada kanalindonesia.com, pihaknya menjelaskan, “ bahwa tujuan penerapan e-tilang adalah untuk mempermudah proses tilang dan meniadakan praktek pungli yang dilakukan oknum anggota dilapangan. Dan semua denda yang disetorkan oleh pelanggar akan langsung masuk ke dalam kas negara, dan e-tilang juga sebagai sarana untuk mencegah praktek calo,” pungkasnya.(elo)