Akselerasi Serapan Gabah Dan Beras Petani 2017 Bersama Kodim 0809/Kediri

kediri, serapan gabah, bulog kediri, kodim 0809,KANALINDONESIA.COM, KEDIRI: Kodim 0809/Kediri bersama Bulog Subdrive V Kediri mengadakan rapat koordinasi terkait akselerasi data input dan output serapan gabah maupun beras ke Bulog, dan rakor ini diikuti seluruh Danramil jajaran Kodim Kediri. Rakor yang berlangsung di kantor Bulog Drive V Kediri ini, sebagai pembicara utama pada rakor ini, Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Ir.Widodo Imam Santoso, Kasub Drive Bulog Kediri, Ir.Rahmad Sjahroni Putra dan Wakasub Drive Kediri, Rasiawan, rabu (26/04/2017).

“Akselerasi Sergab oleh Bulog sesuai petunjuk bapak Menteri Pertanian RI, akan dilakukan sejalan dengan peningkatan produksi padi sekaligus untuk mengamankan gabah dengan kadar air 26-30% ,agar tetap dibeli dengan harga Rp3.700/kg. Dengan begitu, petani sejahtera dan stok beras nasional terjamin atau meningkat. Yang lebih penting lagi dalam Sergap ini yaitu sebagai upaya meningkatkan produktifitas pertanian, agar setidaknya di Kediri ini bisa mencukupi kebutuhan pangan lokal sekaligus berkontribusi ke daerah lain,” kata Ir.Rahmad Sjahroni Putra.

Dari data output maupun input yang sudah dilewati, tercatat bulan januari hingga bulan maret 2017, sedangkan bulan april 2017 masih dalam kondisi berjalan dan tidak bisa dijadikan acuan, namun acuan tetap ada, yaitu pada bulan januari hingga maret 2017.

“Tim Sergap Kodim Kediri bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, berupaya mengoptimalkan PPL dan Babinsa setempat agar akselerasi sergab setidaknya bisa memenuhi target yang dibebankan. Untuk lebih ada gregetnya lagi, memperluas kemitraan dengan swasta dan kelompok tani yang memiliki penggilingan, pengering dan gudang. Untuk mencapai target Sergap, maka tim Sergab intensif menyerap gabah petani di persawahan, permukiman dan penggilingan,” jelas Mayor Inf Joni Morwantoto.

Untuk kendala harga yang tidak sinkron antara harga yang ditawarkan Bulog kepada petani dengan harga pasaran, juga dibicarakan dalam rakor ini, tetapi alur pembicaraan lebih cenderung pada upaya meningkatkan serapan gabah atau beras ,terutama didaerah-daerah yang memiliki luas lahan pertanian yang sangat ideal untuk menyuplai kebutuhan pasokan pangan.

“Akselerasi Sergap ini akan menghasilkan pernyataan komitmen antara Mitra Bulog, TNI dan pihak swasta. Untuk itu pertemuan ini dalam rangka kita semua bergandengan tangan antara Bulog, Kodim Kediri dan Dinas Pertanian, agar bersatu menyerap gabah petani secara optimal. Harapan kedepan, swasembada pangan bisa terwujud,” ungkap Ir. Imam Widodo santoso.

Authentikasi : Pendim 0809