Danramil 08/Johar Baru Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada DKI Putaran Ke-2

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Hari ini telah berlangsung kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 putaran Kedua Tingkat Kota Jakarta Pusat, di Ballroom Cempaka II Hotel Grand Cempaka Jalan Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kamis (27/04/2017).

Dalam rapat tersebut peserta berjumlah 70 Orang dan Penanggung Jawab adalah Arif Bawono selaku Ketua KPU Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Arif Bawono mengucapkan terimakasih kepada Muspika Jakarta Pusat, saksi paslon 2, paslon 3, Panwaskota, Panwascam, para pemantau, PPK dan PPS, yang sidah bekerja dengan keras dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua kemarin.

“Alhamdullilah hari ini kita dapat melaksanakan rapat pleno, bapak ibu dapat saya jelaskan nanti posisinya adalah kita akan membuka 8 kotak yaitu dari awal Sawah Besar sampai dengan Gambir, dengan ini saya nyatakan kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 putaran Kedua Tingkat Kota Jakarta Pusat secara resmi dibuka,”ucap Arif Bawono.

Kegiatan dihadiri oleh Arief Bawono (Ketua KPU Kota Jakarta Pusat), Sofyan (Saksi Paslon No.3), M. Yuliawan (Saksi Paslon No.3), Herman Basry (Saksi Paslon No.3), Adriansyah (Saksi Paslon No.3), Pandapotan Sinaga (Saksi Paslon 2), M. Hasan (Anggota Panwas Jakarta Pusat), Roy Sinaga (Anggota Panwas Jakarta Pusat), A. Diohan (Ketua PPK Gambir), Sutejo (Ketua PPK Kemayoran), Karniasih (Anggota PPK Sw.Besar), Mari Julianti (Ketua PPK Cempaka Putih), AKBP Asep Guntur Rahayu (Wakapolres Restro Jakarta Pusat), Kompol Dedi (Kasubag Dal Ops Restro Jakarta Pusat), Mayor Chb  Endang Rachmat (Danramil 08/Johar Baru), AKP Revi Mingga (Wakapolsek Cempaka Putih).

Sementara Mayor Chb Endang Rachmat Danramil 08/Johar Baru mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat dan panitia penyelenggara Pilkada DKI Jakarta di putaran kedua ini karena telah berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Dalam Rapat Pleno hari ini terdapat catatan dari Kecamatan Gambir dimana saksi paslon nomor 2 keberatan dengan adanya pemungutan suara ulang di TPS 01 Kecamatan Gambir, sehingga saksi paslon nomor 2  tidak mau menandatangani berita acara Penghitungan suara di tingkat PPK Kec. Gambir.

Tanggapan Panwaskota dalam hal ini adalah terhadap saksi paslon nomor 2, adapun alasan kami melaksanakan pemungutan suara ulang di TPS 01 Kec. Gambir, adalah  kami melaksanakan amanah UU , karena adanya C6 orang lain di TPS 01 Kec. Gambir melebihi 2 orang, selanjutnya untuk orang yang menggunakan C6 atas nama orang lain tersebut maka yang bersangkutan oleh Gakkumdu telah dilakukan penyidikan.

Saksi paslon 2 tidak mau menandatangani berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Tingkat PPK dan Kota Jakarta Pusat,  Kec. Gambir dengan alasan bahwa PSU di TPS 01 Kec. Gambir tidak sesuai mekanisme, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap hasil perolehan suara paslon 2 di Kecamatan Gambir.

Pada pukul 12.30 Wib siang tadi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua Tingkat Kota Jakarta Pusat telah selesai dan situasi berlangsung aman, tertib dan kondusif. (ery ns)