Tips cara memilih SSD yang Tepat dan Benar

 

KANALINDONESIA.COM, TECHNO: Menyambung pembahasan sebelumnya tentang perbedaan hdd dan ssd, di sini kami akan membahas tentang BAGAIMANA TIPS MEMILIH SSD YANG BENAR DAN TEPAT.

Sebenarnya memilih SSD itu tidak sulit, karena kebanyakan SSD itu hampir sama, sama sama bekerja dengan cepat. Nah tapi untuk memilih bisa jadi sedikit rumit dengan pilihan beberapa Brand yang muncul di pasaran.

Jika pengetahuan kalian mengenai SSD tidak banyak itu bisa menjadi kendala bagi anda. Dan di sini kami akan membahas tentang bagaimana kita melilih SSD yang tepat.

Yang pertama kita harus memperhatikan Write Speed/ kecepatan membaca SSD tersebut. Kecepatan membaca data dari sebuah SSD sekitar 400MB/detik dan kecepatan menulis data dari sebuah SSD sekitar 300MB/detik. Pilihlah SSD dengan kisaran membaca dan menulis data sekitar 300-400 MB/detik, lebih atau kurang sedikit tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada kinerja SSD.

Yang kedua kita harus memperhatikan Multi-lvel Cell yaitu Ketika membeli SSD, anda akan dihadapkan pada 2 pilihan memori. Yaitu, Multi-Level Cell (MLC) dan Single-Level Cell (SLC). Perbedaan mendasar dari kedua tipe memori ini adalah, tipe memori MLC mampu menyimpan beberapa data dalam tiap cell-nya sehingga harga dari SSD dengan memori MLC lebih murah. Sedangkan pada tipe memori SLC, penyimpanan data hanya bisa dilakukan pada 1 cell saja.

Yang ketiga SATA III SUPPORT karena Semua SSD menggunakan Serial ATA (SATA) sebagai interface mereka, tapi tidak semua SSD menggunakan versi SATA terbaru dan hal ini tentu saja membatasi performa dari SSD anda. Hal ini bisa terjadi lantaran kecepatan transfer data tiap tipe SATA berbeda-beda. SATA I memiliki kecepatan transfer 1.5 GB, SATA 2 memiliki kecepatan transfer sebesar 3.0 GB dan SATA III memiliki kecepatan transfer sebesar 6.0 GB. Jika anda menginginkan bandwidth transfer data yang besar, maka memilih SATA III adalah solusi yang tepat, sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika computer anda juga kompatibel dengan SATA 3.

Yang ke empat ECC memory yaitu sebuah teknologi mutakhir dari SSD. Secara otomatis SSD anda akan selalu melakukan pengecekan terhadap data yang anda simpan, memastikan bahwa tak ada data yang korup sehingga tempat penyimpanan SSD anda tidak termakan oleh data yang tidak perlu. Sebuah SSD dengan teknologi ECC Memory membuatnya semakin tahan lama.

Yang ke lima TRIM Support, Anda mungkin pernah mendengar sebuah teknologi ketika anda menghapus file, sebenarnya anda tidak pernah menghapusnya. Anda hanya menghindarkan file tersebut untuk bisa di baca oleh drive penyimpanan kita. Yap, itulah yang disebut dengan TRIM Support, SSD cukup membutuhkan fitur ini mengingat SSD tidak memiliki banyak space penyimpanan. Beberapa SSD terbaru memiliki teknologi ini yang bisa menghindarkan anda dari penghapusan file secara permanen.

Yang ke enam Ukuran dari SSD, Kebanyakan SSD memiliki ukuran sebesar 2.5 inci, sangat jarang SSD yang memiliki ukuran sebesar 3.5 inci. Hal ini berarti SSD dapat digunakan pada semua laptop yang ada karena besarnya drive penyimpanan laptop sama dengan besarnya SSD. Bukan berarti anda yang menggunakan dekstop komputer tidak bisa menggunakan SSD, beberapa vendor SSD memberikan anda sebuah bracket yang bisa membuat SSD 2.5 inci tertanam pada tempat drive berukuran 3.5 inci. Jika anda membeli SSD dan tidak mendapatkan bracket-nya, banyak toko-toko aksesoris yang menyediakan bracket untuk SSD.

Satu lagi yang harus diperhatikan dalam memilih SSD yang tepat adalah ukuran ketebalannya. kebanyakan SSD hadir dengan ketebalan sebesar 7 mm dan 9.5 mm tapi juga ada beberapa SSD yang memiliki ketebalan sebesar 12 mm. Jika anda pengguna laptop yang slim, HDD dengan ketebalan 12 mm mungkin tidak akan muat dengan laptop anda.

Nah begitulah tips yang bisa kami bagikan kepada, semua keputusan untuk membeli SSD itu tergantung dari Budget anda masing-masing.(Ade)