Gempa Blitar Berkekuatan 5,6 SR Tidak Berpotensi Tsunami

KANALINDONESIA.COM, BLITAR: Gempabumi tektonik terjadi di Baratdaya Kab. Blitar Jawa Timur. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi terjadi pukul  23.44.51 WIB dengan kekuatan M=5,3. Episenter terletak pada koordinat 9,14 LS dan 111,90 BT, tepatnya di laut pada jarak 117 km arah    baratdaya Kab. Blitar pada kedalaman 39 km (update).

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah Karangkates, Batu, Malang, Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Kediri, Trenggalek, Wonogiri, dan Bantul mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI.

Diskripsi gempabumi dengan skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan oleh orang banyak namun belum berpotensi menimbulkan kerusakan.

Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Hingga berita ini diturunkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Untuk itu kepada warga di pesisir selatan Kabupaten Blitar dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(*)

Sumber : BMKG