2 Orang Penggelonggong Daging Sapi, Diamankan Satreskrim Polres Jombang

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Wahyu Norman Hidayat

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : 2 orang pelaku penggelonggongan sapi berhasil diringkus oleh Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang pada Sabtu (22/05/2017), di salah satu Tempat Pemotongan Hewan (RPH) di Kecamatan Perak Jombang.

Kedua pelaku tersebut yakni, SDR (35) warga Kecamatan Perak Kabupaten Jombang dan STY (53) seorang pedagang asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

AKP Wahyu Norman Hidayat selaku Kasat Reskrim Polres Jombang menuturkan awal mula penangkapan para pelaku tersebut yakni berasal dari informasi masyarakat terkait adanya usaha penggelonggongan daging di salah satu TPH yang ada di Kecamatan Perak.

“Petugas yang mendapatkan informasi langsung menuju tempat yang dimaksud akhirnya berhasil mengamankan dua pelaku,” ujarnya.(25/05/2017)

Selain mengamankan para pelaku, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti diantaranya satu unit diesel air merk weimar, satu selang spiral warna hijau ukuran 3 Dim panjang 5 m, satu selang warna putih panjang 20 cm diameter 4 cm, 5 selang air dan uang tunai Rp 5 juta.

Saat disinggung, sejauh mana peredaran daging gelonggongan yang ada di RPH tersebut, Norman menyebutkan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap dua pelaku yang sudah dijebloskan diruang tahanan Mapolres Jombang.

“Para pelaku akan dijerat dengan pasal 302 ayat 1 kitab undang undang hukum pidana tentang penganiayaan terhadap hewan dengan ancaman hukuman tiga bulan penjara,” pungkasnya.(elo)