Cak Imin : PKB akan Segera Putuskan Nama untuk Pilgub Jatim

istimewa

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar rapat mengenai nama calon yang diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pun membahas sejumlah nama dengan seluruh pengurus DPC se-Jatim.

“Kami harus bekerja 2×24 jam untuk memanggil cabang rapat memutuskan nama. Semoga saja segera diputus dan tidak ada voting,” ujarnya, Kamis (25/05/2017)

Dalam rapat, kiai meminta PKB dan Nahdlatul Ulama bersatu untuk menentukan nama calon. Sebab, keputusan itu menyangkut perjuangan politik pemerintah dan negara.

“Para kiai juga memerintahkan senantiasa mempertimbangkan bersatunya seluruh warga nahdliyin,” kata Cak Imin.

Cak Imin mengakui mayoritas warga di Jatim adalah Nahdliyin. Sehingga para kiai berpesan agar Calon Gubernur (Cagub) berasal dari NU yang pernah mengenyam pendidikan di pesantren.

Para Kiai, kata dia, berpesan nama yang diusulkan satu calon tunggal adalah Syaifullah Yusuf. Namun, ia mengatakan terhadap usulan nama dari para Kiai itu, akan tetap sepenuhnya dibahas.

Cak Imin mengatakan,” PKB akan taat pada permintaan kiai. Namun, PKB juga sudah mengusung calon lain yaitu Abdul Halim Iskandar yang merupakan Ketua DPW PKB Jatim,” tegasnya.

Hingga kini, beberapa DPC masih setia mendukung Abdul Halim. Terlebih, Abdul Halim tak asing lagi di mata pemerintah provinsi. Abdul Halim merupakan kader PKB yang kini duduk sebagai Ketua DPRD Jatim.

Cak Imin menuturkan,” akan meyakinkan DPC dan Abdul Halim berlapang dada bila PKB mengusung nama lain. Sebab ada dua nama yang masuk ke DPP PKB yaitu Abdul Halim Iskandar dan Saifullah Yusuf,” pungkasnya.(elo)