Andika Monoarfa Resmi Jadi Ketua Umum Perbasasi Periode 2017-2021

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA:  Andika Monoarfa secara resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Baseball & Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) periode 2017-2021 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu (24/05/2017).

Jika dibandingan  dengan PB/PP lain, pelantikannya cukup cepat. Sebab Andika baru saja terpilih sebagai ketua umum melalui Munas PB Perbasasi di Bali pada 5-6 Mei lalu. Andika siap membuat perubahan di PB Perbasasi dalam hal ini prestasi.

Suasana pelantikan menjadi sakral dengan kehadiran putri dari mantan Presiden RI, Alm.Suharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab dipanggil Mbak Tutut itu.

Mbak Tutut hadir karena ia masuk dalam struktur kepengurusan PB.Perbasasi sebagai Dewan Pembina. Ia sebenarnya, bukan oran baru di PB.Perbasasi karena pernah aktif membina klub Softball Citra Muda di 80-an.

“Saya berharap, ditangan Andhika Monoarfa kejayaan Softball dan Baseball mampu bangkit lagi,” pinta Mbak Tutut.

Andika Monoarfa juga kemudian mengamini pernyataan putri kesayangan Soeharto tersebut. Menurut Andika, disaat dirinya memutuskan untuk maju dalam pencalonan Ketua Umum Perbasasi, Ibu Tutut adalah orang pertama yang ia mintai dukungan dan arahan. MAka setelah terpilih sebagai Ketua, Andika kemudian meminta Ibu Tutut untuk duduk sebagai Ketua Dewan Pembina.

”Sudah sejak awal saya terus meminta dukungan dari Bude (sapaan akrab Andika pada Ibu Tutut). Beliau sudah berkecimpung di dunia softball ini sejak tahun 80’an, jadi sedikit banyak ia juga tentunya bisa memberikan pandangan kepada kami. Dan saya sangat bersyukur disaat beliau menerima permintaan saya untuk duduk sebagai Ketua Dewan Pembina,” terang Andika.

Selain itu, Andika juga menjelaskan alasan kenapa dirinya menggandeng Doedi Gambiro dalam strukutur kepengurusannya. Padahal, Doedi adalah salah satu rival Andika dalam perebutan posisi ketua.

”Kak Doedi adalah senior saya, ia jauh lebih dulu masuk di dunia baseball dan softball. Karena itu saya merasa sangat perlu untuk menyertakan Kak Doedi dalam kepengurusan ini, karena dengan pengalamannya, beliau pasti memberikan masukan-masukan penting bagi kami para pengurus Perbasasi,” jelas Andika.

Sementara, dalam sambutannya, Tono Suratman mengatakan, Andhika Monoarfa merupakan ketua umum cabang olahraga yang termuda. Di pundaknya, memikul tugas berat untuk meraih prestasi di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Terpisah Andhika Monoarfa mengatakan, pihaknya menargetkan preatasi di ajang SEA Games 2019 dengan meraih emas di nomor putra dan untuk putri ditargetkan masuk final.

“Pada  SEA Games Malaysia tahun ini softball dan baseball tidak dipertandingkan. Sementara, kita harus realistis dan saya nggak mau menjanjikan target muluk-muluk di ajang Asian Games 2018 mendatang, karena empat negara yang merupakan rangking terbaik dunia ikut ambil-bagian. Justru, saya akan mulai membangun timnas yang kuat untuk 2019 mendatang,” katanya.  (gardo)