Irjen Tertangkap KPK, Mendes Siap Kooperatif

Mendes PDTT Eko Sandjojo Putro
Mendes PDTT Eko Sandjojo Putro

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Ditahanya Irjen Kementerian Desa PDTT Sugito dan seorang PNS di Kemendes dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) bersama auditor BPK dalam dugaan kasus suap opini WTP, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo menyatakan, pihaknya akan membantu KPK untuk mengungkap jika ada pejabat lain di kementeriannya yang ikut terlibat.

“Kita akan bantu KPK, kejadian ini bisa membawa pelajaran untuk bisa perbaiki lebih baik lagi,” kata Eko Puto Sandjojo.

Dia mengaku tidak percaya Sugito terlibat dalam kasus ini, “saya tadinya tidak percaya, saya juga katakan seluruh pegawai di depan Pimpinan KPK bahwa KPK berhak mengaudit seluruh satuan kerja kapan saja, tujuannya melakukan pencegahan. Pak Irjen sangat keras memberantas korupsi, dia juga punya ide saber pungli (sapu bersih pungutan liar), satgas,” papar Eko.

Dia pun mempersilakan BPK mengaudit kembali laporan keuangan kementeriannya.

“Hasil opini BPK, saya serahkan kepada BPK, mau diaudit lagi atau bagaimana,” ucap Eko.

Sekjen BPK Hendar Ristriawan sebelumnya mengatakan, ada dua auditor dan seorang staf yang dibawa KPK pada pukul 17.08 WIB.

Dua auditor yang terjaring KPK itu adalah Auditor Utama Keuangan Negara III Rochmadi Saptogiri dan Plt Kepala Auditorat di Auditorat Keuangan Negara.