KRI Banjarmasin 592 Nominasi KRI Teladan Tahun 2017 Dalam Rangka Hut Ke-56 Kolinlamil

KANALINDONESIA.COM, SURABAYA : Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan penilaian kepada seluruh kapal perang yang berada dijajarannya, untuk menentukan satu diantaranya terpilih sebagai KRI Teladan tahun 2017 di kotama Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Kegiatan ini berlangsung di dermaga ujung Koarmatim, Surabaya dan diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT-nya yang ke-56, Senin (29/05/2017).

Dari 13 unit kapal perang yang ada di jajaran Kolinlamil, KRI Banjarmasin 592 terpilih sebagai KRI teladan tahun 2017.

KRI Banjarmasin 592 adalah salah satu kapal dari dua jenis kapal LPD (Landing Patform Dock) produksi dalam negeri yang dimiliki Kolinlamil.

KRI Banjarmasin 592 saat ini dikomandani Letkol Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr (Hanla) ini merupakan kapal perang yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya dalam pengoperasiannya.

Dalam penentuan penilaian tiga aspek yang menjadi fokus penilaian, yaitu aspek Operasi, aspek Material, dan aspek Personel. Aspek Operasi meliputi bagaimana proses  Penghentian, pemeriksaan dan penahanan (Henrikhan), efisiensi operasi (Eops), serta jam layar. Aspek material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi, sedangkan Aspek Personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan dalam pengawakan KRI.

Selain dari tiga aspek di atas masalah kebersihan maupun kerapian KRI dan  pemeliharaan serta perawatan KRI juga menjadi bagian dari penilaian.

Hasil dari penilaian ini akan menjadi sebuah keputusan untuk menjadi KRI teladan di Jajaran Kotama Kolinlamil, dan juga kapal yang tepilih KRI banjarmasin 592 akan dipersiapkan nantinya untuk mewakili KRI Kolinlamil dalam rangka pemilihan KRI Teladan tingkat TNI Angkatan Laut yang selalu diadakan setiap tahunnya.

Ketua tim penilai penentuan KRI teladan ini dipimpin oleh Letkol Laut (T) Catur, Paban Slog Kolinlamil dibantu oleh Letkol Laut (KH) Mulawardi Paban Spers Kolinlamil, Letkol Laut (P) Sapta Raharja Wadan Satlinlamil Surabaya, dan Mayor Laut (P) Arief Sugianto Kasiops Satlinlamil Surabaya.

Penilaian ini dilaksanakan secara obyektif dan tim penilai sangat terbantu dengan data pendukung yang pada waktu yang bersamaan sedang dilaksanakan wasrik terhadap KRI Banjarmasin 592 yang dipimpin oleh Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muhtarom, S.E. dengan anggota timnya yaitu Letkol Laut (KH) Drs. Fransisco P., dan Letkol Laut (P) Andreas Adi Wikanto, SM. (ery ns/kadispen kolinlamil)