Telan Dana 150 Juta, Aula Kantor Desa Nglebak, Mangkrak

bangunan gedung aula Desa Ngeblak yang kondisinya mangkrak

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Pembangunan Aula Kantor Desa Nglebak, Kecamatan Bareng, Jombang, yang menelan anggaran alokasi dana desa 100 juta dan dana bagi hasil pajak sebesar 50 juta, ternyata masih mangkrak dan belum sempurna hasilnya, hal ini ditengarai adanya dugaan penyimpangan dalam berjalannya pembangunan kantor aula desa tersebut.

Salah satu perangkat Desa yang namanya enggan dipublikasikan, saat ditemui kanalindonesia.com, dilokasi pihaknya mengatakan,” pembangunan aula kantor desa itu, dibangun pada tahun 2016 kemarin dengan uang dari Dana Desa (DD) sebesar 100 juta, dan dana bagi hasil pajak sebesar 50 juta, “ ujarnya.(29/05/2017)

Ketika ditanya kenapa bangunannya belum jadi, pihaknya mengatakan,” wah kalau soal itu, anda tanya langsung ke Pak Lurah mas,” katanya.

Saat disinggung apakah pembanguna kantor aula desa tersebut, diperbolehkan menggunakan uang yang bersumber dari DD, pria yang mewanti-wanti namanya untuk dipublikasikan tersebut, mengakui bahwa, uang itu diambilkan dari DD dan itu di rekom oleh Bupati.” Uangnya untuk membangun berasal dari DD mas, kita boleh gunakan uang DD untuk bangun aula karena ada rekom dari Bupati,” katanya.

prasasti kantor aula desa nglebak

Namun saat diminta untuk menunjukkan surat rekom dari Bupati, pihaknya tidak bisa menunjukkan. Yang paling menarik dari pembangunan kantor aula tersebut, papan proyek dan prasasti bangunan tersebut sumber keuangannya dari alokasi dana desa (ADD), bukannya DD. Tapi dari pengakuan staf Desa banguna tersebut diambilkan dari DD senilai 100 juta, dan kini bangunannya masih terbengkelai, belum jadi.

Abu Asim selaku kepala Desa Nglebak saat ditemui dikantornya, sedang tidak ada di tempat, saat salah satu staf Desa di Tanya kemana kepergian Kades Abu Asim, staf desa mengaku tidak tahu, dan sejak tadi pagi Kades memang tidak ngantor.(elo)