Standard Chartered Bank Sumbang Kamera Retina Kepada RSCM

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Hari ini Standard Chartered Bank menyerahkan satu buah kamera retina, yakni sebuah alat yang dipergunakan untuk memeriksa retina pada mata bayi yang lahir prematur, di Hotel Shangri La, Indonesia room, Jalan Sudirman Kav.1 Jakarta Pusat ,Rabu (31/05/2017).

Acara tersebut diselenggarakan bersamaan dengan berbuka puasa bersama para awak media. Penyerahan alat kamera retina dilakukan langsung oleh CEO Standard Chartered Bank Rino Donosepoetro, kepada Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo dari Departemen Medik Ilmu Kesehatan Anak, RSCM. Turut menyaksikan acara serah terima kamera retina malam ini adalah Dr. Satya Praba Kotha sebagai Senior Program Manager Eye Health Hellen Keller International.

Acara ini adalah merupakan bagian dari Seeing is Beleiving (SIB), sebuah komitmen global bank yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003 dan bertujuan untuk membantu pencegahan kebutaan dan gangguan penglihatan bagi bayi yang lahir prematur.

“Bekerjasama dengan Helen Keller International, karena mereka adalah salah satu mitra kami dalam program SIB, dan Bank memiliki komitmen untuk mencegah secara dini terhadap gangguan penglihatan dan kebutaan yang dapat dihindari,”terang Rino Donosepoetro.

“Salah satunya adalah dengan memberikan kamera retina kepada RSCM yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bayi prematur yang diduga menderita Retinopathy of Prematurity,”sambungnya.

Program SIB telah dilaksanakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia sejak 2003.

“Beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan diantaranya pelaksanaan operasi mata katarak, pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kaca mata, peningkatan capacity building bagi tenaga kesehatan mata, diabetic retinopathy serta pembuatan fasilitas pendukung pemeriksaan mata dibeberapa wilayah Indonesia,”tuturnya.

Dan diakhir pemaparannya CEO Standard Chartered Bank mengatakan bahwa beberapa hasil yang telah dicapai sejak tahun lalu yakni membangun sebuah pusat pemeriksaan mata khusus anak di RS Universitas Hasanuddin Makassar dan ini adalah pertama kalinya ada di Indonesia Timur.

Dari pantauan kanalindonesia.com acara penyerahan kamera retina ini berlangsung dengan harmonis, tertib dan aman. (ery ns)