Ada Mesjid Bernuansa mesjidil Haram di Lamongan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Masjid di Lamongan, Jawa Timur yang satu ini memang lain dari yang lain. Bagaimana tidak, sepintas bangunan masjid bernama mesjid Namira yang terletak di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung ini lebih menyerupai bangunan masjid yang minimalis layaknya masjid-masjid di timur tengah.

Tak hanya bangunan masjid, desain dalam masjid Namira juga kental dengan suasana masjid di arab saudi. Di masjid ini kita bisa menemukan kain kiswah yang​ biasanya terpasang sebagai kain penutup Ka’bah di Mekah. Kain kiswah itu terpasang di depan mihrab imam. Selain itu, aroma parfum yang semerbak di dalam masjid juga akan segera mengingatkan kita akan suasana​ di Masjidil Haram.

Tak hanya arsitektur bangunan masjid saja yang disamakan, kata Ahrian, bahkan tata letak tempat wudhu juga dibangun dengan nuansa khas masjid arab saudi. Selain arsitektur, khas lainnya dari Masjid Namira adalah adanya kain penutup ka’bah atau kiswah yang didatangkan langsung dari Mekkah yang menghiasi mihrab masjid tertanggal 1420 Hijriah.

Ahrian Saifi selaku wakil takmir masjid Namira mengatakan, masjid Namira dulunya hanya bisa menampung sekitar 500 jamaah yang kemudian berkembang menjadi 3 kali lipatnya​, yaitu seluas lebih kurang 2,7 hektar.

Masjid Namira dibuka pertama kali pada 1 juni 2013 dan untuk perluasan masjid Namira yang sekarang​, baru dibuka pada 1 muharam yang lalu. “Kita perluas karena saat ini parkir sepertinya kurang luas dan agar bisa menampung banyak jamaah,” terang Ahrian.

Ahrian mengaku, Masjid Namira sengaja dibangun seperti di arab saudi agar bagi masyarakat yang belum berkesempatan datang ke tanah suci atau rindu suasana Masjid arab saudi untuk bisa merasakan nuansa itu di masjid ini.

Selain itu, bangunan masjid yang minimalis ini agar bisa didatangi semua golongan dan semua golongan bisa merasakan hal yang sama. “Dengan bangunan yang mirip di arab saudi ini, kami berharap semua golongan bisa masuk di masjid ini,” tuturnya.

Masjid Namira, saat ini memang menjadi salah satu masjid di Lamongan yang menjadi jujugan sejumlah orang untuk beribadah. Selain itu, masjid ini juga seringkali digunakan sebagai ajang untuk berfoto bersama karena keindahan arsitekturnya.(fer)