Seorang Pemuda Asal Plandaan, Nekat Mencuri HP saat Hari Raya

tersangka AJ saat diamnkan Polisi beserta barang bukti.(kar)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Saat orang muslim menjalankan peringatan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, seorang pemuda yakni AJ (20) asal Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan, Jombang nekat mencuri Hand Phone (HP), di dalam rumah milik Samsul warga Desa Bawangan, Kecamatan Ploso Jombang.

Karena dipergoki oleh pemilik rumah, saat mencuri HP, akhirnya AJ diamankan warga dan diserahkan ke aparat yang berwajib. Beruntung dalam menjalankan aksinya AJ, tidak menjadi sasaran amukan masa.

Kejadian ini dibenarkan oleh Iptu Subadar selaku Kasubag Humas Polres Jombang, pada kanalindonesia.com, pihaknya menuturkan,”  pada hari Minggu tanggal 25 Juni 2017,  sekitar pukul 22.30 WIB. Polsek Ploso telah menerima penyerahan dari warga Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang terhadap seorang laki-laki yakni AJ (20), yang telah diduga sebagai pelaku tindak pidana percurian dengan pemberatan (Curat),” ungkap Subadar.(26/06/2017)

Saat disinggung bagaiman kronologi kejadian penangkapan pelaku Curat ini oleh warga, Subadar menjelaskan,” pada hari Minggu 25 Juni 2017, pukul 21.45 WIB, saudara Samsul (red: korban) , pulang dari jagongan dipuskesmas bawangan, kepulangannya dikarenakan korban mau ambil HP yang berada didalam rumah, setelah membuka pintu rumah, korban mengetahui ada seseorang yang tidak dikenal berada didalam rumah. Kemudian korban berteriak maling-maling,” tegasnya.

Masih menurut Subadar,” begitu warga mendengar ada teriakan tersebut warga berdatangan dan mencari keberadaan pencuri tersebut. Dan korban segera mencari HP yang ada didalam rumah untuk menghubungi beberapa teman korban, setelah dicari HP tersebut sudah tidak ada (hilang). Selanjutnya sekitar Pukul 22.30 WIB, warga berhasil mengamankan salah satu pencuri tersebut dan melaporkan ke Polsek Ploso guna penyidikan lebih lanjut. Korban ditafsir mengalami kerugian kurang lebih Rp.800.000,-,” paparnya.

Lanjut Subadar,” kini tersangka AJ dan sejumlah barang bukti yakni 1 buah jaket atau sweter warna merah merk Dcshoecousa, 1 pasang sandal warna hitam merk ERGER, serta 1 buah dous book HP Merk Smartfren warna Abu – abu dengan Nomer IMEI: 865218028619346, diamankan di Polsek Ploso,” tukasnya.

Atas perbuatannya melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan, tersangka AJ dijerat pasal pasal 363 (4) e KUHP yo 55 KUHP, dengan ancaman pidana kurungan paling lama 9 tahun penjara.(elo)