Polisi Tembak Mati Pengedar Narkotika di Banjir Kanal Timur

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Petugas melumpuhkan JY, seorang pengedar narkotika dengan timah panas di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Selasa(18/07/2017) kemarin.

Dalam penangkapan tersebut, pelaku tewas tertembus timah panas.

“Dia melawan petugas saat ditangkap,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta di Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Dijelaskan Nico, penangkapan JY berawal dari penangkapan tersangka lainnya berinisial MU yang ditangkap di apartemen Season City Tower C, Tambora, Jakarta Barat.

Saat menangkap MU, polisi menyita narkotika jenis sabu senilai Rp6 miliar, Senin (17/07/2017) lalu.

Nico mengatakan, saat melakukan penggeledahan di kamar 08 yang disewa pelaku, polisi mendapatkan barang bukti berupa sabu seberat 6,52 kilogram dan ekstasi sebanyak 45 butir.

Lebih lanjut dikatakan Nico, pelaku yang dikenal sebagai jaringan pengedar narkotika Batam-Jakarta  ini membawa sabu dan ekstasi dari Batam ke Jakarta melalui jalur darat dengan menggunakan bus umum selama kurun waktu empat bulan.

Dia menyebut apartemen Season City Tower C sudah disiapkan pelaku untuk mengumpulkan barang tersebut.

“Pelaku ini (JY dan MU) merupakan pemain lama yang sudah kami incar,” ujarnya.

Dari tangan pelaku selain sabu, polisi juga menyita dua unit mobil yakni Toyota Yaris dan Toyota Avanza, serta buku tabungan.

Nico mengatakan, salah satu rekening bank atas nama MU terdapat uang sebanyak Rp1,5 miliar yang merupakan hasil penjualan selama ini.

“Semua barang bukti ini kami sita untuk negara,” ujar Nico.

Atas perbuatanya, tersangka MU dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 juncto 132 ayat 1 subsidair Pasal 122 ayat 1 juncto 132 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotia.(*)