UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan perkebunan Karanggeneng Turun Tangan Atasi Hama Kutu Kebul

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Wabah hama Kutu Kebul (Bemisia Tabaci) yang melanda tanaman garbis (blewa) di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan mendapat perhatian dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng dengan mendatangi langsung ke lahan-lahan pertanian yang terkena hama tersebut.

UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng memberikan sosialisasi kepada para petani dengan turun langsung ke lokasi lahan pertanian.

Terkait dengan serangan hama Kutu Kebul (Bemisia Tabaci)  tersebut UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng merekomendasikan beberapa langkah kewaspadaan diantaranya agar petani alebih aktif mengadakan pengamatan, melaksanakan pengendalian dengan bijak serta tepat jenis pestisida (obat), tepat dosis, tepat sasaran dan tepat pelaksanaannya.

Menurut Darmawan SP.MMA salah satu staf UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng menjelaskan secara ekologis kutu kebul (Bemisia Tabaci) pasti ada, populasinya cukup tinggi dipengaruhi oleh tanaman inangnya yaitu golongan kacang-kacangan, terong, kapas, lombok, gulma dan lainnya, selain itu cuaca yang panas dan musuh alamiahnya berkurang.

“Predator atau pemangsa alamiahnya banyak yang mati karena pemakaian pestisida yang berlebihan, sehingga mestinya hama itu habis dimangsa predator”, tambah Darmawan.

Demikian halnya disampaikan oleh Buwono, SP.MMA Kepala UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng hendaknya petani benar-benar waspada dengan lagkah-langkah yang sudah kita sampaikan, apabila ada kesulitan kami kapan saja siap memberikan bantuan konsultasi.

Lebih lanjut Buwono mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar mengadakan Diklat tentang budidaya Blewa, semangka maupun melon. Agar para petani tidak menggunakan cara tradisional dalam menanam blewa, semangka maupun melon. (Omdik)