Melihat Keunikan Wisata Rumah Pohon Di Lamongan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Lamongan banyak memunculkan tempat wisata dadakan yang lahir sebagai alternatif karena tempat wisata atau rekreasi di Wilayah Kabupaten Lamongan mulai mahal sehingga masyarakat banyak yang mencari tempat wisata yang murah dan meriah. Setelah Pantai Kutang di Desa Labuhan Kecamatan Brondong, kini satu lagi muncul tempat wisata baru sebagai alternatif yakni Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Dusun Wide Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Desa Sendangharjo  Kecamatan Brondong Lamongan ini mulai terkenal sejak viral di media sosial. Tempat wisata ini tergolong baru belum genap usianya dalam 1 bulan, namun pengunjungnya apalagi pada hari libur. Sri (25) salah satu pedagang yang berjualan di tempat tersebut mengatakan kalau pengunjung bisa ratusan kalau hari libur, yang datang kebanyakan anak-anak muda yang ingin foto selfi.

Sementara itu, Ahmad Kirom Kepala Desa Sendangharjo menjelaskan kalau asal muasal tempat ini dari salah satu warganya yang bernama Ali (19) yang tidak sengaja melintas ditempat ini ketika dia mencari burung. Dia mengabadikan dengan phonselnya beberapa keunikan tempat ini terutama Pohon Trinil yang nampak seperti dililit (Jawa: dikelabang) serta juntaian akar yang bisa untuk duduk dan berdiri sebagai tempat foto.

“Foto-foto Ali tersebut diunggah ke Media Sosial, lha kok langsung viral. Banyak masyarakat sekitar datang kesini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami Pemerintah Desa Sendangharjo menyiapkan beberapa fasilitas parkir, tempat sampah dan penjual minuman dan makanan ringan. Untuk masuk kami gratiskan”, kata Kepala Desa.

Karena tempat tersebut berada di Kawasan Perhutani RPH Lembor BKPH Jompong KPH Tuban maka kerjasama pun segera dijalin antara pihak Pemerintah Desa dan Perhutani untuk segera mengatur segala sesuatunya agar tempat wisata tersebut bisa dinikmati masyarakat tanpa harus merusak ekosistem alam.

Bentuk perhatian dan kerjasama itu terwujud ketika kedatangan beberapa pejabat Perhutani dari KPH Tuban yang langsung datang dari Tuban, Rabu (13/9/2017) menuju lokasi  Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) di Desa Sendangharjo  Kecamatan Brondong Lamongan.

Kedatangan pejabat perhutani ini untuk melihat lokasi guna proses pengembangan infrastruktur wisata tersebut.
Andik Setijono Kepala RPH Lembor memberikan beberapa arahan agar Wisata ini tidak ada kegiatan yang merusak hutan, dan menjaga beberapa peninggalan sejarah yaitu beberapa gua tempat persembunyian Tentara Jepang dan Belanda yang berada di atas bukit. (Omdik)

Arso: Arso Kanalindonesia.com - Seputar Berita Nasional Maupun internasional Terkini dan Update Setiap Hari.