Kebersihan Sampah Di Pantai Wujudkan Pelestarian Ikan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pencanangan normalisasi kebersihan akan sampah di sepanjang pantai Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sudah mulai dilakukan pihak Aparat Desa bersama Mahasiswa Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD).

Kepala Desa Banjarwati Sutiyono mengatakan, kebersihan laut tentunya akan menghasilkan kelestarian ikan dilaut dengan jumlah yang besar, kebersihan laut juga berdampak pada keberadaan ikan.

“Dulu saya kalau nangkap ikan gak perlu jauh jauh, dari dekat jarak 300 meter sudah dapat banyak ikan. Sekarang kalau mau tangkap ikan harus menempuh jarak 3-4 kilometer,” jelasnya yang juga sebagai seorang nelayan.

Keberadaan ikan saat ini memilih laut yang bersih dibandingkan air yang kotor. Kini keberadaan ikan ditengah laut dengan jarak yang cukup jauh. Sehingga tentunya nelayan harus menambah biaya ekstra dalam pencarian ikan.

“Pastinya biaya nelayan sekarang semakin bertambah. Terkadang penghasilan nelayan tidak sebanding dengan pengeluaran yang besar,” kata Kades Banjarwati.

Sementara dengan adanya normalisasi diharapkan laut yang berada didesa Banjarwati bersih dari sampah, dan keberadaan ikan bisa jauh lebih mendekat ke pantai.

Selain itu, Sutiyono berharap adanya kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan Mahasiswa INSUD sebagai contoh guna memberi kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ditepian pantai.

“Ini diharapkan masyarakat sadar dan berpartisipasi peduli akan kebersihan laut. Sehingga masyarakat juga nantinya ikut bersama sama membersihkan sampah khususnya disepanjang pantai desa banjarwati,” tambahnya.

Menurut Sutiyono kebersihan akan sampah sampah pastinya dapat mewujudkan pelestarian ikan atau berkembangnya ikan disepanjang pesisir pantai. (Fer)