Tahun Baru 1439 H Hijrah Menuju Kehidupan Yang Lebih Bermakna

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Bupati Lamongan Fadeli dalam refleksi tahun baru 1439 hijriyah mengajak untuk melakukan introspeksi diri, berkaca dan mawas diri. Sehingga menjadi insan yang lebih baik, bermakna dan bermanfaat.

Pesan itu disampaikannya dalam penandaan pergantian tahun baru hijriyah di simpang tiga Alun-alun Kota Lamongan, Rabu (20/9). Tepat beberapa saat sebelum jam 17:27:16, ketika terjadi pergantian dari tahun 1438 hijriyah menuju 1439 hijriyah.

Dia dalam kesempatan itu menandaskan tekad bersama semua komponen masyarakat, termasuk Forkopimda untuk menjaga suasana tetap kondusif. Sehingga keghidupan masyarakat semakin sejahtera.

“In Sya Allah di 1439 hijriyah, infrastruktur akan semakin baik, perekonomian terus tumbuh, pendapatan masyarakat naik, kualitas kesehatan semakin baik dan masyarakat sejahtera. Dan ini adalah tekad kami dengan terus bekerja, bekerja dan bekerja, “ kata dia.

Pergantian tahun baru hijriyah itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pembunyian bedug.

Peringatan penandaan pergantian tahun baru hijriyah kali ini mengusung tematik kasunanan. Sementara KH Abdussalam memandu do’a pergantian tahun baru hijriyah.

Tema itu semakin kental ketika Bupati Fadeli bersama Wabub Kartika Hidayati, Sekkab Yuhronur Efendi dan Forkopimda yang kompak mengenakan busana dengan dress code kasunanan.

Pawa ta’aruf yang diikuti ribuan pelajar di siang harinya juga bertemakan kasunanan. Seluruh peserta adu kreasi menampilkan penggambaran mereka ketika era kasunanan.

Pawai itu dibuka dengan sembilan peserta berdress code sunan yang menunggangi sembilan ekor kuda. Disusul berturut-turut dibelakangnya, pawai dari ribuan pelajar.

Dalam rangkaian Lamongan Muharram Festifal (LMF) 1439, panitia pelaksana melaksanakan berbagai lomba. Untuk Gebyar Kampung Hias Muharram, juaranya adalah Desa Pucangro dari Kecamatan Kalitengah.

Sedangkan lomba kaligrafi putra juara pertama oleh A. Hasbillah Wakafa dari MAN Lamongan, dan putri oleh Nilna Rohma dari MTsN Babat.

Selanjutnya untuk lomba qosidah, peraih juara pertama adalah Elmaneba dari MAN Babat. Kemudian lomba Banjari yang menjadi juara pertama adalah At Atufiq dari PP Matholiul Anwar Simo Karanggeneng. (Fer)