14 Ras Kelinci Ikut Dalam Magetan Rabbit Contest

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Untuk menggerakkan geliat usaha ternak kelinci dan kecintaan para penghobby kelinci di magetan, dalam rangkaian HUT Magetan yang ke 342, pemerintah kabupaten Magetan menggelar Magetan Rabbit Contest tingkat nasional,bertempat di Gelanggang Olah raga(GOR) Ki Mageti Magetan.

Di dalam kontes tersebut, ada berbagai jenis ras kelinci, mulai dari ras Lokal maupun keturunan luar negeri, dengan model yang unik- unik ,manarik para pengunjung untuk datang, sekedar lihat- lihat, maupun membelinnya

Salah satu panitia, Didin mengatakan,kontes kelinci ini pertama kali diadakan di Magetan dan diikuti oleh sekitar 130 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.mereka akan ikut di beberapa kategori kontes diantaranya, Rex, Minirex,New Zealand, Holland Lop, Netherland Dwarf,Fuzzy lop,English Anggora,Flemish Giant,Fancy Contest serta Adu Bobot.

“ada banyak Kategori yang di konteskan, dan saat ini sudah mulai di lakukan penilaian oleh Juri tamu, dibantu panitia,dari beberapa kategori nanti akan di umumkan pemenangnya,saat ini masih banyak yang belum di nilai, menunggu satu- satu” jelasnya.

Jenis Kelinci Kontes, lanjut Didin,yang ikut dalam Magetan Rabbit Contest ini ada sekitar 14 ras” yang ikut kontes di sini ada 14 ras,mereka akan kontes dari beberapa Kategori, seperti keindahan bulu,berat badan,ukuran dan lain- lain”tambahya.

Salah satu pengunjung, Boby,yang mengajak turut serta keluarganya melihat kontes tersebut, mengaku tertarik dengan diadakannya kontes kelinci di Magetan, menurutnya, sudah saatnya magetan bangkit mengembangkan andalan dalam sector peternakan kelinci. Menurutnya, sudah lama magetan terkenal dengan sate kelinci, namun sampai saat ini belum ada upaya dari pemerintah daerah dalam upayanya meningkatkan produktifitas peternakan Kelinci” baru kali ini ada, dan saya sangat mendukung sekali kontes seperti ini,semoga pemerintah Magetan bisa memfollow up seusainya kontes, dengan mengoptimalkan pengembangan peternakan kelinci” terangnya.

Seperti Diketahui, Magetan selain memiliki pesona telaga sarangan, juga memiliki kuliner khas yakni sate Kelinci,di jalan Ring road utara menuju sarangan, bahkan ada patung kelinci,sebagai penanda di daerah tersebut lingkungan peternak kelinci.siiring berjalannya waktu, peternak kelinci mulai surut. saat ini sate kelinci yang biasa mangkal di pinggir telaga sarangan dan beberapa Hotel pun sudah sedikit sekali, bahkan sudah kalah dengan sate ayam.(Choiri)