Konferensi Comsnets Indonesia 2017 temu pakar ICT dunia

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Konferensi Comsnets Indonesia 2017 resmi digelar pada tanggal  5-6 Oktober 2017 di Hotel Fermont, Senayan, Jakarta.

Mengambil tema Next Gen Information and Communication Technologies, acara ini menghadirkan pembicara dari India, Indonesia, Singapura dan Amerika untuk berbagi pengalaman dari hasil riset perkembangan ICT.

“Konferensi  Comsnets ini sangat postif karena Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor ICT,” ungkap petrwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ir. Herry Abdul Azis, M.Eng usai membuka konferensi di Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Mengawali Konferensi Dr. Ajay Kumar, Ministry of Electronics and Information Technology (MEITY), India tampil sbagai pembicara dengan topik “ICT Outlook”.

Pembicara kedua, Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA selaku Wakil Ketua KADIN bidang Telematica Broadcasting, Research & Technology, memaparkan topik.“Disruptive Innovation in ICT Its impact in the economic development”.

“Yang perlu dilakukan adalah bagaimana melakukan pemeratan industri digital itu lebih merata, sehingga tidak ada kesenjangan yang jauh antara orang yang sudah melek digital dan orang yang masih tetap berpola konvensional,” kata Ilham Habibie.

Ilham menyarankan pentingnya dilakukan edukasi yang lebih massif, karena jika kesenjangan pengetahuan digital tidak merata, maka akan semakin tampak kesenjangan sosial  di tanah air.

“Dalam konferensi Comsnet ini, kita belajar dari keberhasilan negara-negara lain, termasuk India yang memiliki budaya digital lebih maju dibanding Indonesia,” kata Ilham.

Pembicara lainnya adalah dari  Indian Institute of Technology Delhi, India, Prof. B. N Jain dengan tema, The Impact of Emerging ICT Technologies and their Applications on Higher Education””.

Selain Ilham Habibie, pembicara lokal adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng dari Universitas Indonesia yang memaparkan tentang “Next Generations Technologies, Services and Applications : Challenges and Opportunities for Indonesia”.

Setelah para pembicara tampil pada session satu, dilanjutkan dengan panel diskusi dengan topik : “Facing Next Gen ICT” dengan panelis Ilham Habibie, K Ramli, Prof. B. N. Jain, Dr. Pravin Bhagwat & Prof. Huzur Saran.

Konferensi session kedua di hari pertama ini, juga menampilkan pembicara dari Amerika, Dr. Jeffrey Tew, Chief Scientist – TCS Innovation Labs, Cincinnati, USA  yang mengupas tentang “Industrial IOT & Industry 4.0’’ serta, Prof. Dr. Suhono H. Supangkat, Institute of Technology Bandung yang mnegambil tema “‘Smart City Maturity Model’”.

Sementara dari Singapore hadir Prof. Archan Misra mewakili University of Singapore dengan presentasinya, Mobile & Urban Sensing and Analytics for Smart City Services”.

Konferensi hari pertama ditutup  oleh Prof. Archan Misra, Dr. Kiran Deshpande, Prof. Suhono, Dr. Pooja Kadambi dengan topik<i5“New ICT Infrastructure and Services to Support Smart Cities”.

Selanjutnya, hari Jumat ini 6 Oktober 2017 untuk konferensi hari kedua, Menteri Perdagangan Ir. Airlangga Hartarto akan memberikan keynote speaker yang dilanjutkan oleh para pembicara lainnya.

Comsnets ini sendiri didirikan oleh para profesional dan ahli ICT terpilih dari India yang dalam perjalanannya selama satu dekade berkembang menjadi Comsnets Association yang bertujuan mempertemukan para pakar terkenal di sektor ICT untuk berbagi penelitian terbaru, teknologi dan perkembangannya dengan perwakilan industri, pemerintah, dan akademisi. @Fatih