Warga Lukrejo Kalitengah Percaya Sedekah Bumi Membawa Berkah

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Ribuan warga Desa Lukrejo, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menggelar sedekah bumi di makam “Mbah Lukman Hakim” orang pertama penyiar agama islam di desa tersebut.

Dalam rangkaian acara, pihak Desa Lukrejo membawa tumpengan buah dan sayur mayur yang diarak keliling desa dengan berjalan kaki. Warga tampak begitu antusias dalam mengarak tumpeng menuju makam “Mbah Lukman Hakim”.

“Acara pertama warga beramai ramai membawa tumpengan keliling desa lalu menunju makam. Rencananya tumpengan ini nanti dibagikan ke warga dengan cara rebutan,” kata Sarnawi Kepala Desa Lukrejo.

 

Sedekah bumi tersebut rutin diselenggarakan warga Lukrejo. Selain bermanfaat, agenda ini bertujuan untuk merayakan hasil panen dan di percaya akan menambah hasil panen warga.

“Sedekah bumi ini sudah ada sejak nenek moyang kami. Mungkin sebelum indonesia merdeka tradisi ini sudah ada,” jelasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (11/10/2017) kemarin warga bersama sama melakukan doa dan istigosah di makam Mbah Lukman Hakim. Lalu pada hari ini Kamis (12/10/2017) merupakan hari puncak acara dari sedekah bumi.

Sesampai di makam dengan arak arakan tumpeng, kemudian acara di lanjut dengan tarian reyog Ponorogo. Reyog Ponorogo sendiri langsung di datangkan dari Ponorogo tempatnya Padepokan dari Kecamatan Sumoroto.

“Acara ini kami tampilkan reyog dari ponorogo. Pemainnya semua dari ponorogo. Warga begitu senang adanya tarian reyog, jatilan dan bujang ganong,” ungkap Kepala Desa Lukrejo.

Disisi lain, tampak beberapa pria memasak bersama sama untuk menyajikan kepada pengunjung. Sedikitnya 178 ekor kambing di sembelih dan dimasak oleh kaum lelaki.

Selain itu, acara udik udikan tak luput meramaikan acara sedekah bumi. Terlihat mulai dari anak muda hingga orang tua ikut rebutan uang yang di sawer oleh donatur. Hal ini merupakan sujud syukur warga yang sukses membagi bagi rejeki.

“Dulu udik udikan lebih ramai dari pada sekarang. Karena udik udikan sudah kita rubah dengan menyelengkan uangnya di makam Mbah Lukman Hakim. Tapi tetap aja udik udikan masih ada walaupun tidak seramai dulu,” tambahnya.

Sedekah bumi merupakan salah satu bentuk sujud warga terhadap melimpahnya hasil panen padi dan ikan. Sebagai sujud syukur warga tiap tahunnya selalu menggelar acara sedekah bumi. (Fer)