Kue Bolen Dari Ikan Sunduk Cemilan Berhasiat Tinggi Karya Siswa SMAN 1 Paciran

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Sering sekali kita lihat kue bolen memiliki aneka ragam topping seperti bolen rasa pisang, coklat, kacang, susu dan selai. Kue bolen seperti ini tampaknya sudah biasa kita lihat di toko kue.

Namun ada yang berbeda dalam pembuatan bolen kali ini. Di tangan Siswa-siswi SMAN 1 Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kue bolen dikombinasi dengan ikan sunduk menjadi sajian lezat dan berhasiat tinggi untuk kecerdasan otak. Bolen tersebut diberi nama “Paciran’s Smooty Bolen”.

Bolen kreasi Muhammad Haris Yulianto Kelas X MIA 4, Nazaliny Prawitha Kirana Kelas XI MIA 4 dan Filzah Sefty Zulinka Kelas XI MIA 4 mengandung protein, vitamin B12, omega 3, selenium, copper, zink, dan lemak jenuh.

Adapun Bahan bahan pembuatan kue bolen yang terdiri dari rempah rempah, tepung terigu, ikan sunduk, mentega, telur, gula dan air.

Cara mengolah kue bolen pertama tama, mengiris ikan sunduk tanpa tulang, lalu campur tepung terigu dengan mentega didalam mangkok, kemudian masukan rempah rempah, ikan sunduk, gula dan masukan sedikit air. Setelah tercampur semua, bahan bahan tersebut di aduk Hingga menjadi adonan.

Selanjutnya, adonan kemudian dibentuk sesuai selera dan jangan lupa masukan toping abon dan coklat di dalam Kue bolennya. Lalu kue bolen tersebut di panggang di oven hingga matang.

Betapa tidak, rasa bolen yang legit manis dan lembut bisa menjadi teman minum teh atau kopi di rumah. Produk ini merupakan kue bolen khas Paciran, Lamongan, yang berbahan dasar ikan sunduk. Ikan sunduk merupakan ikan yang bernilai ekonomis rendah dan diangkat ke dalam sebuah prodak makanan.

Inovasi cemilan kreatif pemanfaatan ikan sunduk dari hasil laut yang melimpah sebagai pembuatan kue bolen ini, menjadi peserta finalis “The Best Video Advertising”, di ajang Creative Business Competition Business Model Canvas tahun 2017 tingkat Nasional di Universitas Negeri Surabaya.

Ajang CBC BMC 2017 ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kue bolen hasil karya Ketiga siswa-siswi SMAN 1 Paciran tersebut mendapat Tropy Rektor Universitas Negeri Surabaya dan uang tunai.

Selain kue bolen, “HI-CRAB” inovasi pupuk dari cangkang rajungan karya anak didik dari guru pembina Saiful Arief S.Pd juga meraih juara pertama di CBC BMC 2017 bertema “Pembangunan Nasional Melalui Industri Kreatif”.  Mereka mampu menyisihkan 58 tim dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Paciran M. Hannas Suhhamto S.Pd, M.Pd memberi apresiasi atas kerja keras siswa, guru dan pembina yang sudah membawa harum nama sekolah di ajang Creative Business Competition Business Model Canvas 2017 tingkat Nasional di Unesa. (Fer)