Polres Pacitan Gelar Operasi Zebra Semeru 2017

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Polres Pacitan menggelar rapat koordinasi dengan dinas terkait persiapan Operasi Zebra Semeru 2017 dan Jasa Rahaja pun turut hadir dalam gelar pasukan di halaman Polres Pacitan, Rabu ( 1/11/2017).

“Operasi dengan sandi Zebra Semeru 2017 akan dimulai pada 1 November 2017 dan berlangsung selama 14 hari ke depan. Pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum Operasi Zebra Semeru dilaksanakan. Saat Operasi Zebra Semeru, akan dilaksanakan 60 persen berupa penegakan hukum dan 40 persen berupa tindakan pencegahan. Operasi Zebra Semeru bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas serta menciptakan keamanan dan kelancaran lalu lintas,” tegas Kapolres Pacitan AKBP. Suhandana C.W kepada kanalindonesia.com.

Masih menurut Kapolres, selain juga penegakan hukum yang orentasinya bukan jumlah kasus tilang yang ada di Pacitan, melainkan supremasi hukum yang harus ditegakkan agar mengurangi angka kecelakaan di jalan raya sedangkan di tahun 2016 kemarin angka kecelakaan cenderung naik dibanding tahun 2017 ini menurun.

“Untuk faktor kesadaran berlalu lintas rata-rata yang usia tua dan yang lebih diperhatikan justru di usia muda, agar tidak kebut- kebutan di jalan raya,” ulas Kapolres.

Kapolres juga berharap, “kepada para orang tua kami berharap agar lebih memperhatikan anaknya, jika belum cukup umur jangan sampai mengendarai sepeda motor, karena akan menyusahkan orang tua sendiri jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” pungkas Kapolres.

Ditemui awak media, Kasatlantas Polres Pacitan, AKP. Hendrik Kusuma Wardana menjelaskan,”di grafik 2017 tahun ini dari Januari sampai November angka kecelakaan yang meninggal dunia berjumlah 33 MD dari 56 di tahun 2016 lalu. Jadi menurun sekitar 12 persen. Lalu untuk kerugian materi kejadian di tahun ini berkisar 32 juta dan di tahun 2016 lalu berkisar 64 juta jadi menurun separuh labih. Kebanyakan angka kecelakaan didominasi anak-anak pelajar,” jelas Kasatlantas.

Lebih lanjut dikatakanya,”sementara adanya penurunan angka Laka 2017 di Kabupaten Pacitan, kami Polres Pacitan mendapat apresiasi dari Korlantas serta Polda Jawa Timur untuk memasang CCTV di setiap titik rawan kecelakaan dan rawan macet, itu yang kami laporkan,” tandas Kasatlantas. (Bc)