Ada 40 Adegan Diperagakan, Dalam Rekonstruksi Pembunuhan Istri Purnawirawan Polisi di Bareng

suasana rekonstruksi pembunuhan istri purnawirawan Polisi di Bareng

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Untuk syarat melengkapi berkas perkara pembunuhan istri purnawirawan Polisi, pihak Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang menggelar rekonstruksi. Ada 40 adegan yang diperagakan oleh peran pengganti, dalam rekonstruksi perkara pembunuhan Sri Handayani (52), warga Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang jawa Timur.

Meski petugas menghadirkan tersangka Muhamad Sokib (29), Polisi juga menggunakan beberapa orang sebagai pemeran pengganti, hal ini dikarenakan tersangka masih belum pulih dari luka tembak dikedua kakinya, akibat melawan petugas saat diamankan.

“Rekonstruksi dilakukan untuk melengkapi berkas. Ada 40 adegan yang diperagakan dan terlihat direncanakan sangat matang, oleh tersangka,” kata AKP Gatot Setyo Budi selaku Kasat Reskrim Polres Jombang kepada wartawan usai rekonstruksi, Kamis 2 November 2017.

Menurut penjelasan Gatot, dari awal hingga akhir adegan, terlihat memang tersangka merencanakan aksinya dengan matang. Mulai pura-pura membeli rokok, tersangka juga sempat membantu suami korban untuk menata barang dagangan di ruko tempat korban berjualan.

“ tersangka menghabisi korban dengan cara memukul kepala korban dengan kubut atau linggis kecil, menusuk perut menggunakan gunting dan menjerat leher korban dengan kabel alat elektronik kemudian, selanjutnya tersangka membawa kabur uang korban,” ujar Gatot.

Ketika disinggung, terkait apakah ada tersangka lain yang dicurigai terlibat dalam kasus pembunuhan berencana tersebut, pihaknya menyatakan jika tersangka merupakan pelaku tunggal dalam kasus pembunuhan anggota bayangkhari tersebut.

“sesuai dengan fakta yang kita ditemukan Sokib tersangka tunggal. Karena melakukan perencanaan, tersangka dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Bareng, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang dikejutkan dengan tewasnya Sri Handayani (52). Istri Aiptu Purnawirawan Sunaryo, mantan anggota Polsek Bareng. Korban ditemukan tewas bersimbah darah, dengan sejumlah luka, setelah tidak lama ditinggal suami membeli bakso di Pasar Bareng yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari tempat tinggalnya, Rabu (30/8) dini hari.

Untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka dibutuhkan waktu hingga sepekan. Bahkan tim gabungan Jatanras Polda Jatim, Satreskrim Polres Jombang dan Unit Reskrim Polsek Bareng, serta anjing pelacak dari Polda Jatim dikerahkan untuk memburu keberadaan tersangka.

Akhirnya petugas berhasil membekuk Muhamad Sokib (29), warga RT 03/RW 05 Dusun Sumberdadi, Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, yang dipastikan sebagai pelaku tunggal pembunuhan sadis anggota bayangkhari tersebut.(elo)