Kembangkan Sapi Jenis PO, Pemprov Jatim Serahkan Bantuan ke Kelompok

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN:  Ingin mengembangkan sapi lokal jenis PO (peranakan Ongole), Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Peternakan Magetan menyerahkan bantuan sapi PO ke Kelompok Tani Ternak Mekar Sari, Desa Nglopang dan Kelompok Tani Ternak Mekar Arum, Desa Trosono, Kecamatan Parang.

Penyerahan bantuan sapi tersebut dihadiri oleh Dinas Peternakan Propinsi jawa Timur, Dinas Peternakan kabupaten Magetan, Komandan Kodim diwakili Bati Bhakti TNI(Koramil) parang,Kapolsek Parang, serta para kasun.

Masing- masing, kelompok mekarsari menerima 13 ekor sapi, dan kelompok ternak mekar arum 13 ekor sapi.total semua berjumlah 26 ekor sapi.dalam pengarahannyanya saat penyerahan, Dinas Propinsi menegaskan agar pengembang biakkan sapi PO tersebut diawasi dan didampingi dari dinas Peternakan kabupaten,diharapkan sapi yang pernah banyak dimiliki rakyat Indonesia ini tidak punah.

Seperti diketahui, Sapi jenis PO( peranakan ongole) di pasaran sering disebut sapi local atau sapi Jawa,atau sapi putih.sapi PO ini hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole(SO) dengan sapi betina jawa putih.

Saat ini sapi PO yang murni mulai sulit ditemukan,karena telah banyak di silangkan dengan sapi Brahman.keunggulan sapi ini tahan terhadap panas,tahan terhadap ekto dan endoparasit,pertumbuhannya relative cepat serta kualitas daging baik(choiri)