Cari Bibit Unggul, FPTI Jatim Gelar Kejurprov Seri 2 Panjat Tebing

KANALINDONESIA.COM, TULUNGAGUNG: Federasi Panjat Tebing Indonesia(FPTI) Jatim menggelar Kejurprov Seri 2 panjat tebing Jatim di halaman IAIN Tulungagung, Kamis (02/11/2017) hingga Sabtu (04/11/2017).

Kejuaraan panjat dinding tersebut diikuti 237 atlet panjat tebing yunior dari 32 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Kebetulan pelaksana kegiatan kali ini dipercayakan ke FPTI Tulungagung,” kata Ketua Umum FPTI Tulungagung Aries Setiawan dikonfirmasi di lokasi Kejurprov.

Dikatakan Aries, olahraga adu adrenalin yang mengandalkan ketangkasan, kekuatan, kecerdasan serta keseimbangan tubuh ini adalah untuk mencari bibit unggul pemanjat tebing profesional mulai dari kelompok usia 7 tahun hingga 19 tahun.

Dua kategori kejuaraan panjat tebing yang diperlombakan, yakni kategori “lead” yang lebih menitikberatkan pada tingkat kesulitan jalur panjat, serta kategori “speed” yang menitikberatkan kecepatan atlet dalam mencapai poin tertinggi yang dibuat panitia.

Ada enam kelas yang dilombakan dalam kejuaraan panjat tebing Kejurprov Seri-2 tersebut, yakni kelas “spider kid” untuk usia 7-9 tahun, kelas “youth D” untuk usia 10-11 tahun, kelas “youth C untuk usia 12-13 tahun, kelas youth B untuk usia 14-15 tahun, kelas ‘youth A” untuk usia 16-17 tahun dan terakhir kelas “junior” untuk usia 18-19 tahun.

“Bagi atlet panjat tebing, kejurprov semacam ini bisa menjadi ajang uji kemampuan dan mental dalam kejuaraan yang sebenarnya,” kata Dodik, salah satu ofisial sekaligus orang tua pemanjat yunior Giri Ganendra asal Kota Blitar yang meraih piala perunggu dari kategori “lead”.(ars)