100 Tim Siap Bersaing di Triathlon Relay 2017

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Triatlon Buddies  Indonesia, komunitas Triatlon terbesar di Indonesia, akan menggelar lomba triathlon estafet beregu Triathlon Relay 2017.

Lomba triathlon team relay ini akan berlangsung pada Sabtu, 18 November 2017, di The Springs Club Summarecon Serpong.

Andrew Harry selaku Race Director Triathlon Buddies Relay 2017 mengklaim pihaknya sebelumnya sudah sukses lomba Anniversary Triathlon sejak 2013, Sentul Ultra Triathlon sejak 2015 dan Kids Triathlon sejak 2016. Namun untuk event Triiathlon Relay ini yang pertama kali diadakan.

“Ada dua kategori peserta dalam lomba ini yakni Umum dan Sekolah. Di kategori umum, pendaftaran terbuka untuk semua baik pemula, penghobi maupun atlit triatlon. Tiap regu terdiri dari 2-3 orang yang secara bergantian akan berbagi peran dalam displin olahraga yang ada di triathlon yakni renang, sepeda, dan lari. Sedangkan di kategori sekolah, syaratnya nyaris sama. Kategori ini hanya boleh diikuti oleh peserta regu remaja yang berusia 11-17 tahun,” kata Andrew kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Namun, kata Andrew, pihaknya juga memberi kesempatan bagi peserta untuk membangun tim yang terdiri dari anggota keluarga. Misal tim yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Hanya tim keluarga ini harus berlomba di kategori umum, meskipun salah anggotanya masih berusia di bawah 18 tahun.

Selain itu, dalam Triathlon Buddies Relay 2017 ini, tiap regu yang berpartisipasi harus menuntaskan lintasan renang sejauh 500 meter, sepeda sejauh 22 kilometer, dan lari sejauh lima kilometer.

“Ini adalah lomba kompetitif di mana regu dengan catatan waktu tercepat di masing-masing kategori berhak berdiri di podium Triathlon  Buddies Relay 2017,” ujar Andrew Harry yang akrab disapa Jajab.

Ia menjelaskan, lomba akan dimulai pada pukul 06:00 untuk kategori sekolah, dan pukul 06:30 untuk kategori umum. Start akan dilakukan di kolam renang The Springs Club dengan sistem gelombang berdasarkan pace perenang dalam masing-masing regu.

Perenang akan berenang mengular sebanyak 10 lap. Selanjutnya dalam tahap sepeda, pesepeda akan melaju di lintasan sebanyak enam loop. Terakhir di tahap lari, pelari hanya berlari satu loop saja.

Jajab menjelaskan, pemilihan The Springs Club sebagai area lomba dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, sports club ini memiliki fasilitas kolam renang berukuran standar olimpiade (panjang 50 meter). Kedua, jalanan yang menjadi lintasan sepeda dan lari yang berada di kawasan permukiman yang berada di sekitar The Springs Club relatif mulus, aman dan nyaman. Ketiga, lokasi ini cukup mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya.

“Selain itu, pihak manajemen Summarecon juga mendukung penyelenggaraan Triathlon Relay 2017,” ungkap Jajab. “Dari sejumlah lokasi yang kami survei untuk penyelenggaraan Triathlon Relay 2017, hanya The Springs Club yang berani memberikan lintasan bersepeda dan lari yang steril dari masyarakat umum saat penyelenggaraan lomba. Karena itu, pilihan lokasi akhirnya jatuh ke The Springs Club Summarecon.”

Jajab menambahkan, lintasan yang steril, terutama di fase bersepeda sangat dibutuhkan di lomba triathlon. Saat melaju, kecepatan bersepeda bisa mencapai 30-40 km/jam atau bahkan lebih. Jika lintasan tidak steril, hal ini bisa membahayakan atlet yang bertanding atau orang yang melintas di jalur lomba.

Dalam pelaksanaannya, Triathlon Relay 2017 akan dibantu oleh Pocari Sweat yang akan menyiapkan hydration system di sepanjang rute lomba. Water station yang disiapkan akan berada di empat lokasi. Masing-masing berada di area transisi dari renang ke sepeda, area transisi dari sepeda ke lari, lintasan lari di KM 2,7, dan refreshment area.

Selain itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, penyelenggara juga menyiapkan tenaga paramedis, dokter, dan ambulans.

“Setidaknya akan ada tiga dokter, lima tenaga paramedis, dan satu ambulans dari Siaga118 yang bertugas. Kami menyiapkan pula fisioterapis dari Physio selama pelaksanaan lomba. Unit medis ini juga bekerjasama dengan rumah sakit rujukan yang berada di sekitar lokasi Triathlon Relay 2017,” tambah Jajab.

Jajab mengaku hingga saat ini sudah terdaftar sekitar 90 regu dari kategori umum dan 10 tim dari kategori sekolah. Panitia telah menutup pendaftaran Triathlon Buddies Relay 2017 pada hari Selasa 7 November 2017.

“Race Pack Collection lomba triathlon akan dilaksanakan pada 15-16 November 2017 di Fitness First Oakwood.  Sementara  Technical Briefing yang wajib diikutin peserta akan diadakan pada 16 November 2017 di lokasi RPC”, kata Jajab.

Gagasan Triathlon Buddies Relay berasal dari Chia Harijanto, salah seorang pengurus Triathlon Buddies Indonesia, yang didorong keinginan anaknya, Kiera, yang ingin berlomba triatlon bersama ibunya, kata Notariza Taher, salah satu pendiri Triathlon Buddies. Pada ibunya Kiera pernah mengatakan, ”Mengapa triathlon tidak dilakukan bertiga atau secara beregu shingga Adek (Kiera) bisa berlomba bersama-sama dengan Mumu (Chia Harijanto) dan Mas Aksan.” Sehingga kemudian dibuatlah triathlon lomba beregu yang memungkinkan keluarga melakukannya Bersama-sama.

“Gagasan tersebut bertemu dengan keinginan Triathlon Buddies Indonesia untuk memberikan ruang bagi pemula triatlon untuk belajar mengenal triatlon dengan mulai berlomba di lingkungan yang lebih aman,” ujar pria yang akrab disapa Nota ini. “Selain itu, kami ingin lebih memasyarakatkan olahraga multiports ini di tanah air. Semakin banyaknya peminat olahraga sepeda, lari dan renang secara jangka panjang akan membutuhkan penyaluran aktivitas olahraga yang lebih bervariasi dan menantang.”

Nota mengemukakan, saat ini triathlon berkembang cukup pesat di Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari jumlah lomba triathlon yang ada saat ini. Mulai 2013, tiap tahunnya bertambah minimal dua event multisports (triathlon, duathlon, aquathlon, dan sebagainya. “Dari Triathlon buddies Indonesia sendiri, peningkatan jumlah peminat triathlon di Indonesia bisa diukur dari animo peserta di Triathlon Buddies Indonesia Anniversary yang digelar tiap tahun,” ungkap Nota.

Saat pertama kali digelar pada 2015, tercatat sekitar 250 peserta yang berpartisipasi. Tahun berikutnya, lanjut Nota, jumlahnya meningkat menjadi sekitar 350 orang. Tahun ini, jumlah partisipannya adalah sekitar 350 orang. “Hal yang perlu Anda tahu, semua peserta Triathlon Buddies Indonesia Anniversary adalah newbie, atau mereka yang baru pertama kali mengikuti lomba triathlon. Artinya, tiap tahun selalu muncul triathlete baru yang menyemarakkan perkembangan triathlon di Indonesia,” tegas Nota.

Lebih lanjut dijelaskan, latar belakang triathlete-triathlete baru ini beragam. Ada yang pelari, perenang, pesepeda, atau bahkan mereka yang sebelumnya “jauh” dari tiga disiplin olahraga yang ada di triathlon. “Dan hal yang menari dalam dua tahun terakhir ini, sejumlah pemerintah daerah mulai menggelar lomba triathlon untuk memasarkan potensi wisata yang dimiliki daerahnya.”

Bank Mandiri melalui Mandiri Club Triathlon turut mendukung dan berpartisipasi dalam event Triathlon Relay 2017. Mandiri Club Triathlon menurunkan 10 tim untuk berpartisipasi dalam kategori umum.

Mandiri Club Triathlon sendiri dibentuk pada 22 Agustus 2017 dan bertujuan memfasilitasi dan mewadahi para pegawai Bank Mandiri Group untuk berlatih dan mengikuti berbagai event perlombaan Triathlon baik di dalam maupun di luar negeri. Keberadaan Mandiri Club Triathlon melengkapi klub olahraga yang telah dibentuk sebelumnya di lingkungan Bank Mandiri seperti Mandiri Club Swimming, Mandiri Club Cycling maupun Mandiri Club Running.

Teddy Danas, Senior Vice President Bank Mandiri sekaligus Penasihat Mandiri Club Triathlo, mengungkapkan, partisipasi Mandiri Club Triathlon dalam event ini menunjukkan komitmen Bank Mandiri dalam mendukung dan mengembangkan kegiatan olahraga di Indonesia, khususnya triathlon.  Dukungan terhadap kegiatan olahraga di Indonesia ini juga ditunjukkan dengan menjadi salah satu Prestige Sponsor untuk multievent Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan pada Agustus 2018 nanti di Jakarta dan Palembang.

“Tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya Bank Mandiri akan memiliki sendiri lomba triathlon atau menjadi sponsor lomba triathlon di Indonesia,” ucap Tegas. @Fatih