Peringati Harlah ke 14, Kabupaten Sumbawa Barat Gelar Festival Budaya

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Kaupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu Kabupaten yang berada barat Pulau Sumbawa Nusa Tenghara Barat . Berbatasan dengan Selat Alas dan Kabupaten Sumbawa.

Kabupaten Sumbawa Barat menyimpan banyak potensi pariwisata budaya dan ekonomi.

Pemerintah daerah tahun ini menggelar Festival Budaya Sumbawa Barat yang pertama kalinya. Festival Budaya itu disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat dan sekitarnya. Panitia festival secara gotong-royong menyukseskan festival budaya dalam rangka memeriahkan Harlah Kabupaten Sumbawa Barat yang ke 14, Kamis(09/11/2017) siang di komplek Kemutar Telu Center (KTC) yang bertujuan untuk mengangkat budaya lokal dan budaya yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Panggung yang disediakan panitiapun nampak sederhana, yang terbuat dari bambu dan atap daun kelapa. Kendati sederhana, festival budaya ini dihadiri Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin,yang di dampingi Bupati Sumbawa Barat H.W. Musyafirin dan Wakil Bupati  Fud Syaifuddin.

Antusias masyarakat sekitar terlihat sangat tinggi dan juga dihadiri beberapa peserta dari luar Kabupaten Sumbawa Barat.

Bupati sumbawa Barat H.W. Musyafirin kepada wartawan mengatakan,”yang paling penting dengan adanya festival budaya ini, kita bisa merajut kebersamaan kita. Dengan budaya-budaya dan etnis yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat ini serta dengan semangat persatuan dan kebersamaan inilah yang menjadi inti dari acara yang di gelar hari ini,”ucapnya.

Lebih lanjut dikatakanya,”pemerintah daerah dalam hal budaya dan ekonomi pariwisata kami sudah mengkordinasikan dengan Kementrian Perhubungan dan nantinya bandara yang ada di Kecamatan Sekongkan akan kita uji coba agar nantinya para wisatawan bisa ke Sumbawa Barat dengan menempuh waktu hanya 30 menit dari 6 jam  kalau melalui darat dan laut dari Lombok maupun Bali. Dan dalam rangka memeriahkan Harlah Kabupaten Sumbawa Barat yang Ke 14 ini, banyak kegiatan-kegiatan yang lain hingga nanti acara puncaknya pada tanggal 19 November,”tambahnya.

Dalam festival budaya tersebut peserta diwajibkan untuk melakukan display di depan para tamu uang hafir. Kostum unik dan menarik dari berbagai suku dan adat dipamerkan. Masyarakat Sumbawa Barat pun antusias mengikuti karnaval tersebut.

Karnaval itu dimulai dari Kemutar Telu Center (KTC) dan berakhir di Taman Tiyang Enam Taliwang.(AW)