Pemkab Lamongan Siap Sukseskan Pilgub Jatim

KANALINSONESIA.COM, LAMONGAN; Pemkab Lamongan siap menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Penegasan itu disampaikan Wabup Kartika Hidayati saat menerima kunjungan Komisi A DPRD Jatim di Guest House Pemkab Lamongan.

Pimpinan rombongan dari Komisi A DPRD Jatim Miftakhul Ulum menyampaikan tujuan mereka ke Lamongan untuk melihat kesiapan jelang Pemilukada serentak tahun 2018. Untuk Lamongan, di 2018 hanya ada Pilgub.

“Menjelang Pemilukada serentak tahun 2018, Kami Komisi A Propinsi Jawa Timur keliling ke kabupaten dan kota, dan hari ini adalah giliran Kabupaten Lamongan. Di Kabupaten Lamongan tahun 2018 mendatang hanya akan ada Pemilukada Gubernur Jawa Timur, Kami ingin melihat bagaimana persiapannya,” ungkap Miftakhul Ulum.

Sementara Kartika Hidayati berharap Pemilukada Gubernur tahun 2018 nanti akan berjalan lancar dan tanpa hambatan. Dia mengatakan sampai saat ini tahapan menuju Pilgub 2018 berjalan lancar.

Dikatan olehnya, siapapun nanti yang terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur, akan membawa Jawa Timur menjadi lebih baik.

“Pada tahun 2018 mendatang akan menjadi perayaan yang menggembirakan karena akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Beberapa waktu yang lalu Pemkab Lamongan bersama legislatif telah melakukan Gerakan Sadar Pilkada (Gersada). Kami siap menggelar Pemilukada Gubernur Jawa Timur Tahun 2018,” tegas Kata Kartika Hidayati.

Terkait persiapan Pilgub, Ketua Panwaslu Lamongan Toni Wijaya mengungkapkan saat ini lembaganya sudah menuntaskan proses sleksi PPK dan PPS. Tinggal menunggu pengumuman pada 11 November.

Pendaftaran baik PPK maupun PPS dilakukan pada 12-21 Oktober 2017 dan pengumuman seleksi administratif pada 25 Oktober 2017. Setelah itu dilakukan seleksi tes tulis yang dilakukan serentak seluruh Jawa Timur pada 27 Oktober 2017.

“Terdapat 405 pendaftar untuk PPK dan 2.146 untuk PPS .Nantinya untuk PPK hanya akan diambil 135 orang, masing-masing tiap kecamatan 5 PPK. Sedangkan untuk PPS, tiap desa 3 orang, “ jelas Toni Wijaya.

Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali juga terlihat hadir dalam pertemuan di Guest House tersebut. KPU Lamongan saat ini tengah  melakukan proses pemutakhiran data.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e-ktp agar segera melakukannya. Karena data itulah yang akan yang dijadikan sebagai acuan. (Fer)