Muslimat NU Lamongan Persiapkan Perempuan Muda untuk Duta Perdamaian

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Muslimat NU Lamongan bekerjasama dengan The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, DASPR Universitas Indonesia dan GNWP (Global Network Women Peacebuilders) telah menyelenggarakan training untuk Girls Ambassador for Peace (GA4P), 7-11 November 2017 bertempat di Grand Hotel Mahkota Lamongan .

Dalam training yang dibuka Wakil Bupati Lamongan tersebut akan mengangkat tema “Read, Lead, Build Peace”.

“ Training ini sangat penting dalam rangka menciptakan pemimpin perdamaian dari kalangan perempuan muda untuk Lamongan, Indonesia bahkan dunia” ujar Wakil Bupati Lamongan, Kartika.

Training diikuti 30 perempuan muda yang terseleksi dari sekolah menengah, Madrasah Aliyah, pesantren dan perguruan tinggi di Lamongan.

Selama 5 hari mereka dilatih untuk meningkatkan kemampuan leadership, bina damai, penguatan ekonomi kreatif, media dan tekhnologi informasi dan juga playback theater dalam rangka pencegahan radikalisme dan ekstremisme kekerasan.

Acara ini menghadirkan narasumber yang kompeten seperti Dr. Nadhir (yayasan YAPSEM), Dr. Mahpur (dosen UIN malang) dan Deny Jazuli (Sanggar Nuun Yogyakarta).

“Dalam forum ini peserta mengeksplorasi beragam aspek dan dinamika ekstremisme, juga mengupas kebijakan di tingkat nasional maupun regional, yang mendukung partisipasi perempuan dan anak muda dalam perdamaian dan keamanan,”ujar Ghufron, manager program AMAN Indonesia yang juga menjadi fasilitator training ini. (omdik)