Konsul Kehormatan RI di Ibukota Albania Baru Diresmikan

KANALINDONESIA.COM, BULGARIA:  Dubes RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia, Sri Astari Rasjid, meresmikan Mrs. Irma Kaplani sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Albania berkedudukan di Tirana Pada tanggal 7 November 2017.

Dalam sambutannya Dubes RI di Sofia, Sri Astari Rasjid, menyampaikan bahwa penunjukan Irma Kaplani sebagai Konsul Kehormatan RI merupakan tonggak penting dalam peningkatan hubungan Bilateral RI-Albania. Diharapkan hal ini akan semakin mendorong peningkatan hubungan Indonesia-Albania di masa mendatang khususnya di bidang ekonomi dan sosial budaya.

Pembukaan kantor konhor ini juga merupakan bentuk perhatian perlindungan WNI dan dukungan untuk diaspora Indonesia di Albania. Acara di pembukaan Kantor Konsul Kehormatan RI di ibu kota Albania tersebut, dihadiri oleh kalangan pejabat pemerintah Albania , korps diplomatik, kalangan pengusaha dan media di Tirana.

Albania adalah negara yang terletak wilayah Eropa Tenggara dengan jumlah penduduk sebesar 2,7 juta dengan sekitar 70% penduduknya beragama Islam. Hubungan diplomatik Indonesia-Albania dibuka sejak tahun 1994.

Keduanya juga sama-sama menjadi anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam).Total perdagangan kedua negara mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 88,81%, yaitu dari USD 5,66 juta (tahun 2015) menjadi USD 10,69 juta pada tahun 2016. Produk eksport utama Indonesia adalah produk kertas, minyak hewani dan nabati, hasil laut, dan karet. (gardo)