Permintaan Maaf Bupati Lamongan Mengenai PDAM

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Bupati Fadeli menargetkan air PDAM bakal sudah mulai normal pada Rabu malam (15/11/2017). Itu ditegaskannya saat melihat progress perbaikan pipa di depan Dinas Sosial Lamongan, Rabu (15/11/2017).

Distribusi air bersih PDAM sudah mengalami gangguan sejak 20 Oktober lalu. Ketika pipa utamanya yang melintas dibawah jalan nasional, tepatnya dibawah perlintasan rel kereta api Terminal Lamongan jebol akibat dimakan usia.

Praktis sejak itu pelanggan PDAM di sisi timur Terminal Lamongan tidak bisa mengakses air bersih PDAM hingga sekarang.

Setelah melalui banyak petimbangan, PDAM akhirnya memutuskan membuat jalur perpipaan baru, alih-alih memperbaiki pipa yang melintas dibawah jalan nasional.

Jalur baru itu memanjang ke arah barat, kemudian melintas hingga di depan Dinas Sosial Lamongan.

“Saya sampaikan mohon ma’af, karena sampai saat ini masih harus diperbaiki, “ kata Fadeli mengawali keterangannya usai melihat perbaikan pipa PDAM.

Dia mengatakan prosesnya memang harus panjang, karena jalurnya memotong jalan nasional. Jika dipaksakan diperbaiki, akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Dia berharap hasil perbaikan itu sudah membuat air kembali normal pada besok malam (Rabu malam).

“Mudah-mudahan tidak ada masalah. Tadi malam sebenarnya sudah selesai. Namun saat diujicoba dengan tekanan yang cukup besar, karet penyambungnya tidak mampu menahan, “ katanya menjelaskan.

Sekarang karet sambungan itu sudah diperbaiki, dan sudah bisa dialiri air. “Namun diisi dengan tekanan yang pelan dulu. Baru mulai nanti malam diisi air dengan tekanan maksimal.

“Pipa-pipa baru ini perlu proses pengisian air dulu. Sehingga belum bisa langsung terlihat manfaatnya. Insya Allah besok malam (Rabu malam), air PDAM sudah mulai normal seperti sedia kala, “ katanya menambahkan.

Kedepan, dia meminta PDAM memikirkan solusi agar kejadian serupa tidak terulang. Karena pipa PDAM di perkotaan sudah tua dan rawan mengalami musibah yang sama.

Selama melihat perbaikan pipa itu, Fadeli didampingi Sekkab Yuhronur Efendi, Inspektur pada Inspektorat Lamongan Agus Suyanto, Sekwan Aris Wibawa, Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan dan Kabag Teknik PDAM M Ali Mahfudi. (Fer)