54 Siswa MTs Sunan Drajat Sugihwaras Mengikuti Simulasi UNBK

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; MTs Sunan Drajat Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ssenin (20/11/2017). Simulasi tersebut dilaksanakan di ruang Laboratorium.

Tercatat, 54 siswa mengikuti simulasi yang pelaksanaanya memakan waktu dua hari tersebut. 54 siswa itu dibagi 3 sesi dan setiap sesi 20 siswa yang ikut.

Wakil Kepala MTs Sunan Drajat Sugihwaras Imam Sholihin, S.Pd mengatakan, untuk simulasi tahap pertama ini madrasah sudah menyiapkan satu laboratorium komputer lengkap dengan 23 Personal Computer (PC) dan Laptop yang terintegrasi dengan 2 buah server guna menunjang kelancaran proses UNBK.

“Kami secara maksimal mengusahakan sarpras agar UNBK berjalan dengan lancar,” ujar Imam Sholihin
Imam Sholihin menambahkan, Agar tercapai target lulus 100% maka ia mengharapkan teknisi dan proktor UNBK bekerja sama dengan guru mata pelajaran Ujian Nasional guna  memberikan tryout UNBK mandiri sebanyak mungkin agar siswa semakin percaya diri dan siap.

“Ini UNBK untuk kali pertama, kita berharap dukungan teknisi, proktor serta guru mata pelajaran agar siswa siap dan percaya diri,” imbuhnya.

Keseriusan menangani UNBK ini merupakan komitmen untuk membuat Madrasah menjadi lebih baik dan unggul. “Kita ingin agar upaya ini mewujudkan Madrasah lebih baik, dan lebih baik Madrasah,” lanjutnya.

Sejak satu bulan lalu, pihak madrasah dan siswa mematangkan berbagai persiapan. Bahkan, proctor telah mengikuti pelatihan.

”Untuk simulasi hari Insyaallah sudah siap. Baik teknisi maupun proctor,” kata Imam Sholihin hari ini ditemui di ruang kerjanya.

Tidak ada gading yang tak retak saat ujian berlangsung tetap ada sedikit hambatan meski secara umum simulasi UNBK berjalan dengan baik. Dengan mengikuti simulasi UNBK ini di harapkan seluruh guru pengawas, promotor, dan juga siswa dan memahami tata cara UNBK secara menyeluruh dan benar serta bagi siswa di harapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuannya dalam menghadapi UNBK.

Siswa-Siswi yang ditemui usai melaksanakan simulasi UNBK, mereka merasa senang dengan UNBK, walau sempat tegang ternyata lebih mudah ujian menggunakan computer ketimbang ujian manual menggunakan LJK kata salah seoarang siswi. Semoga UNBK nantinya dapat berjalan lancar. (Omdik)