Gunung Agung Meletus, Status Pada Level III (Siaga)

KANALINDONESIA.COM, KARANGASEM: Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali meletus dan terlihat mengeluarkan asap, Selasa (21/11/2017) sekira pukul 17.30 WITA.

Dari laporan pengamatan petugas Pos pantau yang dirilis setiap 6 jam pada sekira pukul 12.00-18.00 WITA, asap dan abu tipis berwarna putih kelabu tebal mengepul setinggi sekitar 500-600 meter.

Asap dan abu tertiup angin lemah ke arah timur-tenggara dari kawah. Pada rentang waktu tersebut, petugas mencatat terjadi gempa tremor non harmonik satu kali dan gempa vulkanik dalam sebanyak dua kali.

Status Gunung Agung masih berada pada level III (siaga). Walau demikian baik warga, wisatawan maupun pendaki masih dilarang beraktivitas pada radius bahaya 6 km dengan sektoral 7,5 km.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, “gunung agung meletus, mengeluarkan asap hitam sekitar pukul17.30 WITA,”ucap Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang.

Sementara itu, PVMBG merilis peringatan agar mewaspadai sejumlah daerah yang masuk wilayah Zona Perkiraan Bahaya meliputi sebagian dusun di Desa Ban, Desa Sebudi, Desa Besakih, Desa Buana Giri, Desa Jungutan, dan Desa Dukuh. Potensi bahaya mungkin terjadi adalah hujan abu lebat yang melanda seluruh daerah yang masuk Zona Perkiraan Bahaya tersebut. Saat ini angin bertiup dominan ke arah selatan-tenggara.