Ingin Kuasai Motor Korban Dengan Aksi Tipu-Tipu, Seorang Pemuda Dibekuk Polisi

tersangka pelaku penipuan saat diamankan Polisi di Polsek Diwek

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG :  Aji Prayoga (18), warga Dusun Ketanon, Desa Diwek, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang Jawa Timur terpaksa harus meringkuk di tahanan Polsek Diwek. Hal ini dikarenakan tersangka Aji nekat menjual sepeda motor milik kenalan barunya berinisial  Sugiarti (35) warga Dusun Semut, Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

“Modus operandi yang dilakukan tersangka yakni dengan pura-pura meminjam motor korban jenis Honda Beat dengan nomor polisi AG 2284 EW, dengan alasan ada keperluan di salah satu perusahaan di Kecamatan Diwek,” kata Iptu Subadar selaku Kasubag Humas Polres Jombang, Selasa 21 November 2017.

Masih menurut Subadar, kejadian ini berawal saat pelaku dan korban kenal melalui media sosial facebook sejak sekitar dua minggu yang lalu dan sering berkomunikasi. Puncaknya, pelaku dan korban bertemu di Jalan Raya depan lapangan Desa Diwek, Kecamatan Diwek, pada hari Sabtu 18 November 2017, sekitar pukul 12.00 WIB.

Lanjut Subadar, setelah berbincang, pelaku kemudian meminjam motor korban dengan alasan untuk pergi mengambil nota dan surat jalan ke salah satu pabrik pengolahan kayu di Kecamatan Diwek. Tanpa curiga, korban yang sangat percaya dengan tersangka meminjamkan motor miliknya yang berwarna biru. Namun setelah ditunggu lama pelaku tidak juga kembali, akhirnya korban melapor ke Polsek Diwek.“Setelah melakukan pelacakan, pelaku langsung kita tangkap di rumahnya,” ungkap Subadar.

Lanjut Subadar, saat dimintai keterangan, kepada polisi pelaku mengaku telah menjual motor korban kepada seseorang berasal di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto seharga Rp 2,2 juta.“Saat ini petugas masih mendalami keterangan pelaku termasuk mencari keberadaan motor korban yang telah dijual. Kami juga mengamankan BPKB sepeda motor korban, sepeda motor pelaku Suzuki Shogun bernopol W 4551 RK serta sebuah handphone (HP) merek Evercoss,” pungkasnya.(elo)