Ungkap Jaringan Pengedar Sabu, Polisi Jombang Amankan Barang Bukti Sabu Seberat 21,85 Gram

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Aparat Satresnarkoba Polres Jombang, berhasil mengungkap jaringan peredaran narkotika jenis sabu-sabu. Dari hasil penangkapan terhadap tiga pelaku pengedar sabu tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti sabu dengan total 21, 85 gram.

Ketiga tersangka yang berhasil diamankan Polisi yakni, Purwilujeng (38) seorang ibu rumah tangga asal Desa Tengaran, M. Indi Agung (21) seorang kuli bangunan asal Desa Pajaran, serta kakak kandungnya yang bernama Romy Anggraini (25) seorang penjual es degan asal Desa Pajaran. Ketiga tersangka berasal dari Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Bahkan salah satu tersangka yang bernama Anggraini sudah dua kali masuk lembaga pemasayarakat (Lapas) Jombang.” Untuk tersangka RA sudah pernah dihukum pidana penjara 2 kali oleh PN Jombang dan menjalani hukuman di Lapas kelas II B Jombang , yaitu pada Tahun 2009 dijatuhi vonis hukuman selama 6  bulan dan pada Tahun 2011 dijatuhi vonis hukuman selama 10 bulan,” kata AKP Hasran, selaku Kasat Resnarkoba Polres Jombang, Rabu 22 November 2017.

Masih menurut Hasran, penangkapan ketiga tersangka ini merupakan hasil upaya pengembangan yang dilakukan oleh petugas, dari hasil penangkapan awal terhadap tersangka Purwilujeng. Berdasarkan pengakuan dari tersangka Purwilujeng, selanjutnya polisi berhasil mengamankan tersangka Agung, selanjutnya dari keterangan tersangka Agung, diperoleh informasi bahwa barang tersebut diperolehnya dari kakak kandungnya yakni Anggraini. “ ketiga tersangka diamankan di tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda,” ungkap Hasran

Lanjut Hasran, dari tangan Purwilujeng petugas berhasil mengamankan sabu seberat  1,47 gram, selanjutnya dari tangan tersangka Agung, polisi menyita barang bukti sabu seberat  2, 52 gram, dan dari tangan tersangka Anggraini yang diduga sebagai bandar dalam jaringan ini, polisi berhasil menyita barang bukti sabu seberat 17,86 gram.” Selain mengamankan barang bukti, sabu petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti lain,” ujar Hasran.

Kepada tiga tersangka dikenakan pasal yang berbeda. Untuk tersangka Purwilujeng dijerat dengan pasal 112 ayat (2), Jo pasal 131 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Sedangkan untuk tersangka Agung dikenakan pasal 112 ayat (1), Jo pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dan untuk tersangka Anggraini dikenakan pasal 114 ayat (2), Jo pasal 112 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Kini ketiga tersangka beserta sejumlah barang bukti diamankan di Polres Jombang untuk kepentingan lebih lanjut,” pungkasnya.(elo)