Gerakan Literasi SMPN 1 Lamongan berbuah karya Buku Antologi

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Siswa SMPN 1 Lamongan rupanya sangat produktif dalam membuat karya tulis. Sangking banyaknya, untuk  menampung semua tulisan itu, pihak sekolah harus menerbitkannya dalam bentuk antologi lima buku sekaligus.

Keempat buku antologi yang memuat tulisan karya beberapa siswa SMPN 1 Lamongan itu dilaunching penerbitannya oleh Bupati Fadeli di halaman SMPN 1 Lamongan dalam rangkaian Dies Natalis  SMPN 1 ke-67, Rabu (22/11/2017).

Buku antologi itu, sebagaimana disebutkan Kepala SMPN 1 Lamongan Khoirul Anam,  masing-masing berjudul Ibu yang berisi puisi karya siswa Kelas 7 dan 8. Kemudian antologi berjudul Sahabat yang memuat karya puisi siswa Kelas 9.

Selanjutnya antologi Desa Tertinggal/terpencil berisi cerpen karya siswa Kelas & dan 8 serta Bidadari Tak Bersayap berisi cerpen karya siswa Kelas 9. Terakhir adalah antologi kumpulan naskas Kukuk Beluk.

Menurut Anam, SMPN 1 Lamongan selama setahun ini telah menerapkan kegiatan literasi dengan tiga tahapan. Yakni pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran yang kemudian akhirnya menghasilkan kelima buku antologi tersebut.

Bupati Fadeli usai melaunching tidak bisa menyembunyikan kebanggaannya. Karena rupanya siswa Lamongan bisa secara kreatif menelurkan karya tulis.

“Saya sangat bangga dengan kegiatan literasi yang dilakukan oleh SMPN 1 Lamongan sehingga dapat menghasilkan kelima buku ini. Saya berharap ini dijadikan contoh oleh sekolah sekolah lain, “ pesan Fadeli.

Terkait gerakan literasi, Fadeli mengungkapkan telah ada Buku Sejarah Lamongan Dari Masa Ke Masa. Dia mnginginkan agar buku itu harus ada di tiap sekolah-sekolah dan diajarkan pada siswa.

“Ini agar anak-anak Lamongan mencintai Kabupaten Lamongan, “ katanya menambhakan.

SMPN 1 Lamongan tahun ini telah menjadi sekolah rujukan mutu nasional dan juara terbaik tata kelola mutu tingkat nasional.

Dalam acara tersebut didatangkan narasumber Medina Ayasha Hurin Salwa Nurdiawan yang telah menulis Buku Cikini dan Buku Lyfe. Dia secara khusus didatangkan untuk memberikan motivasi pada siswa SMPN 1 Lamongan. (Fer)