Jadi Langganan Banjir Tahunan, Kademangan Mojoagung Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Bencana

tim gabungan yang melakukan simulasi di Sungai desa setempat

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Aparat gabungan dari TNI, Polri dan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, menggelar rangkaian simulasi penanganan bencana alam banjir di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Jombang Jawa Timur. Hal ini dikarenakan Desa tersebut setiap tahunnya menjadi langganan banjir, tahunan jika musim hujan tiba.

” disini memang langganan banjir setiap tahunnya mas. Pernah banjir merendam rumah sampai  ketinggian 2 meter, sehingga warga mengungsi ke RTH, ada yang di toko-toko dekat jalan raya,” kata Mukti Prihatin (47) yang merupakan warga Desa setempat saat ditemui wartawan usai simulasi, Kamis 23 November 2017.

Sementara itu Kolonel (Kav) Gathut Setyo Utomo, selaku Komandan Korem 082/CPYJ, mengatakan bahwa pihaknya sengaja memilih lokasi Desa Kademangan karena daerah tersebut merupakan titik rawan banjir. “Ini latihan gladi lapangan yang dilakuak oleh tim gabungan. Dan sengaja kita pilih Kademangan karena ini daerah yang rawan banjir bahkan menjadi langganan banjir tiap tahun,” ujar Gathut.

Berbagai skenario penyelamatan digelar mulai dari penyelamatan warga korban banjir, penyelamatan harta benda hingga hewan ternak peliharaan. Rangkaian simulasi ini telah dilaksanakan sejak hari Senin tanggal 21 dan berakhir pada hari Jumat tanggal 24 November 2017. “Meski nanti rangkaian simulasi ditutup Jumat, tapi kita tetap menyiagakan satu kompi anggota di ruang terbuka hijau (RTH) Mojoagung,” ungkap Gathut.

Lanjut Gathut, selain menyiagakan personilnya, pihak Korem juga akan menyiapkan sejumlah peralatan untuk menghadapi banjir nantinya. “Kita mempunyai tenda 20 ditambah dari stakeholder terkait 10, kapal karet antara 10-15 unit, dapur lapangan yang disiapkan unsur Pembekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Bekang AD) dan unit kesehatan,” pungkasnya.(elo)