Nawacita, Jembatan Lowayu Gresik Ambles

KANALINDONESIA.COM, GRESIK: Pembangunan infrastruktur era Jokowi masuk dalam nawacitanya point ke tiga, yakni “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”. Dengan nawacitanya tersebut, pembangunan infrastruktur begitu kental terasa dirasakan selama kepemimpinan Jokowi yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Namun, apa yang terjadi dengan pengerjaan proyek  yang baru dikerjakan beberapa bulan yang lalu, jembatan yang berada di jalan raya Desa Lowayu Kecamatan Dukun Gresik, Jawa Timur ambles berlubang.

Lubang tersebut sedalam kurang lebih satu meter dengan diameter sekitar setengah meter, bagi pengedara roda dua maupun roda empat harus berhati-hati jika melintasinya.

Salah satu warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kondisi jembatan ambles dan plengsengannya retak, hal tersebut akan membahayakan pengguna jalan, apalagi jika malam hari kondisi penerangan jalan disekitar jembatan tidak ada, cetusnya. Rabu (22/11/2017).

Terpisah, AKP Windu Priyo Prayitno selaku Kapolsek Dukun Gresik Jawa Timur mengaku belum mendapatkan laporan terkait ada pengendara yang kecelakaan di area tersebut. Untuk sementara waktu pihaknya membuat rambu-rambu untuk menghindari adanya korban kecelakaan.

“Untuk sementara kami akan bantu beri rambu-rambu secukupnya guna menghindari adanya korban kecelakaan,” ujarnya.

Dari papan nama kegiatan proyek, pembangunan jembatan tersebut merupakan wewenang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Bidang Binamarga dengan menggunkan APBD Tahun 2017 yang dikerjakan oleh CV Jaya Mulya. (wan)