Siswa MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan Gelar Pesta Demokrasi

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Siswa-siswi MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan menggelar Pesta Demokrasi Siswa (PDS) untuk memilih pasangan ketua dan sekretaris OSIS periode 2017-2018 di halaman MA Tarbiyatut Tholabah Kamis (23/11/2017).

Agenda tahunan ini dilaksanakan layaknya pemilihan umum seperti pemilihan kepala daerah, presiden atau legistalif dengan cara mencontreng gambar atau foto calon. Namun ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini calon ketua OSIS harus menentukan calon sekretaris untuk mendampinya maju sebagai calon pasangan. Sehingga beberapa pasangan calon muncul hasil dari koalisi antar jurusan.

Sebelum PDS dilaksanakan, siswa-siswi yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) telah melaksanakan Musyawarah Pelajar (MUYSPEL) sebagai permusyawaratan tertinggi dengan agenda membahas Tata Tertib dan Anggaran Dasar (AD) serta Anggaran Rumah Tangga (ART).

Kepala Madrasah Aliyah H. Mahbub Junaidi dalam sambutan sebelum pemilihan mengatakan, bahwa kegiatan PDS ini merupakan proses pembelajaran demokrasi kepada anak didik.

“PDS ini sebagai bentuk upaya memberikan pelajaran kepada siswa dalam berdemokrasi, supaya nanti anak-anak didik sudah terbiasa dalam menentukan hak pilihnya”, ujarnya.

Selain itu H. Mahbub Junaidi juga merasa bangga dan berpesan kepada semua calon, “ini adalah sebuah proses pertandingan dalam pemilihan, pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Oleh karena itu, semua calon harus mempunyai jiwa yang lapang untuk menerima kekalahan dan kemenangan. Bagi yang kalah masih bisa untuk mengisi jabatan-jabatan dalam kepengurusan OSIS”.

Di akhir sambutannya, pria kelahiran Tunggul Paciran itu berharap, semoga siswa-siswi bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan untuk belajar berorganisasi melalui OSIS.

“dan dengan terpilihnya ketua baru nanti, mudah-mudahan dapat membawa kemajuan bagi OSIS MA TABAH tercinta”, pungkasnya.

Pada pemilihan tahun ini, muncul 2 pasangan calon ketua-sekretaris OSIS putra, Khusnadji-syamsul dengan nomor urut 1 dan Fine Arju-Musyafak nomor urut 2. Sementara pasangan calon ketua-sekretaris OSIS putri muncul 3 pasangan calon, 1. Ayu Utami-Roikhatul f, 2. Evi Nur-Vivin Ainun, dan 3. Amelia Nailul-Awwalul Fitriyah.

Dengan berakhirnya penghitungan suara, pasangan Fine Arju – Musyafak memenangkan pemilihan Ketua-sekretaris OSIS Putra, sementara di OSIS putri pasangan Evi Nur – Vivin Ainun mampu menyingkirnkan dua calon lainnya. (Omdik)