Peringati Hari Guru ke-23, Bapak/Ibu Guru SMKN 1 Sambeng Jadi Petugas Upacara

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Untuk menyongsong datangnya hari guru yang ke-23 dan ulang tahun PGRI ke-72 yang jatuh pada tanggal 25 November 2017, kepala SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan Suwito S.Pd mengadakan upacara peringatan hari guru dan ulang tahun PGRI tersebut sehari sebelum tanggal yang semestinya, karena tanggal 25 November 2017 bertepatan pada hari libur.

Bentuk kegiatannya yaitu upacara peringatan hari guru yang ke-23 dan ulang tahun PGRI yang ke-72 tahun 2017. Uniknya seluruh petugas upacara pada kegiatan tersebut adalah Bapak/Ibu guru SMK Negeri 1 Sambeng yang memakai seragam PGRI.

Mulai regu paduan suara, pemimpin pleton, pemimpin upacara, pembaca UUD 1945, pembawa teks pancasila, timpaduan suara, pembaca doa, perwira, hingga pengibar bendera semua petugasnya adalah Bapak/Ibu guru. Hal ini dilakukan agar siswa/siswi SMK Negeri 1 Sambeng dapat meniru teladan-teladan dari Bapak/Ibu ketika menjadi petugas upacara.

Upacara berjalan dengan khidmat, semua Bapak/Ibu guru yang menjadi petugas upacara melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar. Peserta upacara adalah semua siswa siswi SMK Negeri 1 Sambeng mulai kelas X hingga kelas XII semua jurusan. Mereka mengikuti jalannya upacara dengan sangat disiplin hingga upacara selesai.

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh tim paduan suara adalah Lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Hymne Guru, dan Indonesia Pusaka. Alunan lagu yang indah dan merdu membuat suasana menjadi haru. Suasana semakin haru ketika untaian doa dibacakan oleh petugas, tetesan air mata banyak yang mengalir dari para peserta dan petugas upacara.

Hal ini semakin menunjukkan kekhidmatan upacara peringatan hari guru dan ulang tahun PGRI tersebut.

Pembina upacara adalah kepala SMK Negeri 1 Sambeng, Bapak Suwito, S.Pd., M.Pd. Beliau membacakan teks amanat dari menteri pendidikan dan kebudayaan serta pesan-pesan untuk warga skanessa sendiri.

Hal istimewa lainnya yaitu ketika upacara selesai, protokol membacakan pengumuman bahwa Tim Volly putri dan putra SMK Negeri SMK Negeri 1 Sambeng mendapatkan piala dalam liga Bola Volly SMK se-Kabupaten Lamongan.

Tim Volly Putra mendapatkan juara III, dan Tim Volly Putri mendapatkan juara I. Prestasi yang sangat membangagakan, dan sekaligus sebagai kado spesial untuk Bapak/Ibu guru. Selain itu momen ini juga dimanfaatkan untuk mengumumkan juara-juara lomba paduan suara dalam rangka memperingati hari pahlawan pada 10 November 2017.

10 Tim paduan suara dari 30 tim yang mengikuti lomba mendapat penghargaan dari panitia. Kategorinya adalah juara 1,2,3 dan harapan 1, 2 tim paduan suara terbaik dan juara 1,2,3 dan harapan 1, 2 tim dengan kostum terbaik.

Setelah upacara selesai beberapa siswa membagi-bagikan kado berupa puisi dan souvenir yang dihias untuk semua Bapak/Ibu guru di SMK Negeri 1 Sambeng. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan makan-makan di ruang guru. Menunya adalah dua tumpeng khas jawa timuran. (Fer)